DERMAGA PELABUHAN GUNUNGSITOLI TERUS DIBENAHI

GUNUNG SITOLI (Berita): Meski terkendala waktu akibat situasi alam, pembangunan dermaga leanding Terminal Container (LTC) Pelabuhan Laut Gunungsitoli terus dibenahi yang dikerjakan PT.Sumatera Indah Indonesia yang bersumber dana dari APBN sebesar Rp 18.800.250.000, pengerjaanya hampir rampung. Rekanan berupaya mengejar target agar pembangunan dermaga dapat selesai tahun ini,  dengan melakukan penambahan peralatan dan tenaga kerja.

Hal tersebut diungkapkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Lanjutan Pembangunan Fasilitas Pelabuhan Laut Gunungsitoli, Arbain Yakub kepada wartawan ketika ditemui di Pelabuhan Laut Gunungsitoli, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Saombo, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sabtu (1/9).

Lebih lanjut dikatakan Arbain, bahwa proyek lanjutan pembangunan fasilitas pelabuhan laut Gunungsitoli yang dikerjakan oleh PT. Sumatera Indah Indonesia, yangmana Direktur perusahaan Ir.M.Saleh Pane, pengerjaannya terlambat , di sebabkan faktor alam dan cuaca yang kurang mendukung, namun untuk mengejar waktu, pihak kontraktor berupaya mendatangkan tenaga kerja dan peralatan, sehingga situasi dilapangan sudah sesuai dengan yang diharapkan.

Dari hasil laporan dan pengawasan konsultan di lapangan, Arbain memberitahu bahwa kendala yang dihadapi kontraktor dalam pelaksanaan pekerjaan adalah mengenai situasi alam di Pelabuhan Gunungsitoli. Dimana lokasi pembangunan lanjutan dermaga LTC tipe L dengan lebar 12 meter, panjang ke depan 17 meter dan panjang bangunan L adalah    4 meter,  terdapat banyak batu karang yang sangat keras dan sulit untuk dipecahkan.

“Saya juga mengakui bahwa dalam pelaksanaan pekerjaan memang ada beberapa item yang tidak sesuai dengan rencana awal, tetapi hal tersebut tidak menjadi kendala selagi tidak mengurangi nilai dan ketahanan bangunan”, jelas Arbain.

Tidak lupa Arbain juga memberitahu bahwa selain lanjutan pembangunan dermaga, pihak kontraktor juga akan memasang sejumlah lampu jenis Mercury kawasan dermaga sebanyak 36 lampu, sehingga dermaga pelabuhan laut Gunungsitoli tampak terang benderang di malam hari. tahun 2013 dermaga pelabuhan laut Gunungsitoli akan kembali dibangun sepanjang 6 meter.

Di tempat yang sama, konsultan pengawas, Bangun Pasaribu, MT dari CV.Rancang Bangun mengatakan bahwa pelaksanaan pembangunan dermaga oleh PT.Sumatera Indah Indonesia sudah sesuai speksifikasi dan mencapai waktu yang telah ditentukan, dia juga mengakui bahwa awalnya kontraktor memiliki kendala faktor alam dan cuaca sehingga pengerjaan agak terlambat, namun kendala dimaksud dapat teratasi.

Dia juga menjamin bahwa dengan cara kerja kontraktor yang profesiaonal dengan kelengkapan alat dan tenaga kerja yang terlatih, pembangunan dermaga akan dapat selesai tepat waktu sebagaimana yang diharapkan masyarakat (fmz)
sumber: http://beritasore.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *