BINJAI MASIH SIAGA

MEDAN (Waspada): Puluhan polisi dibantu Brimobdasu masih melakukan siaga setelah peristiwa amuk massa dan penyerangan RSUD Djoelham Binjai. Sementara, suasana Kota Binjai hingga Minggu (2/9) siang masih mencekam.

Hal ini ditandai dengan aktivitas warga yang nyaris lumpuh. Para pelaku bisnis hanya sebagian saja membuka toko mereka, karena khawatir adanya aksi penyerangan.

Sebagaimana diketahui, penyerangan ini terjadi dari imbas ditembaknya tersangka perampok, seorang warga Binjai bernama Junedi oleh anggota Polres Binjai. Peristiwa itu mengundang reaksi massa.Mereka membakar sepedamotor dan menjarah.

Aksi pengepungan di RSUD Djoelham Binjai, dari pukul 20.30 hingga sekitar pukul 21.30 Sabtu (1/9/2012) malam, berangsur normal dan kegiatan rumah berlangsung sebagaimana biasanya.

Kedatangan, ratusan orang ini keberatan adanya penahanan dan meminta tersangka perampokan dilepas dari polisi yang ketika dirawat di rumah sakit.

Namun pihak Polres Binjai menolak. Akibatnya, saat tersangka dikeluarkan dari RS Djoelham, ratusan warga langsung menghadang mobil yang membawa tersangka, dan memukuli mobil polisi itu.

Karena tidak berhasil, warga beralih ke kantor Polres Binjai. Disini warga kembali ribut dan berencana menunggu tersangka dilepaskan oleh Polres Binjai.

Tersangka yang diketahui bernama Junedi dirawat di RSUD Djoelham, tampak bekas tembakan di bagian tangan dan kakinya. Pada bagian wajahnya tampak luka-luka.

Secara terpisah, Kapolres Binjai, Musa Tampubolon saat dikonfirmasi membenarkan penembakan dilakukan oleh anggotanya, karena tersangka Junedi mencoba melawan petugas saat penangkapan, sehingga polisi terpaksa melakukan penembakan untuk melumpuhkan tersangka.

“Saat penangkapan, si tersangka melawan petugas, jadi membahayakan petugas maka dilakukan penembakan,” tegas Musa.

Musa menambahkan, tersangka merupakan buron polisi karena terbukti melakukan tindak pidana kekerasan, penganiayaan, pengancaman, dan pencurian.

Situasi di lokasi, malam ini sepi, tidak ada masyarakat yang berkumpul, didekat TKP. Pada malam ini Ketua DPRD Binjai Zainuddin Purba, SH meninjau Posko di depan warnet yang dihancurkan masyarakat, yang disebut-sebut pemicu masalah. (m11/a04)
sumber: http://waspadamedan.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *