AWALNYA HOBI AKHIRNYA MENGHASILKAN UANG

Batubara (Analisa). Setiap usaha haruslah dikerjakan dengan penuh keyakinan dan kesungguhan agar seseorang memperoleh suatu keberhasilan yang dicita-citakannya dalam menjalankan segala usahanya.
Iyus (38) sabagai peternak burung puyuh petelur di Dusun III Desa Pulau Sejuk, Kecamatan Limapuluh Kabupaten Batubara telah berhasil sedikit demi sedikit mengembangkan usaha ternaknya. Meski masih tergolong dalam skala kecil, namun Yus telah berhasil mengembangkan 5000 ekor jenis burung puyuh petelur.

Kepada Analisa Yus mengatakan, awal mula ia beternak burung puyuh petelur sebagai hobinya ketika masih berstatus lajang, dan hobinya ini sempat terhenti beberapa tahun. Kemudian setelah menikah terfikirkan oleh Yus untuk kembali menyalurkan hobinya untuk beternak burung puyuh petelur.

Kemudian Yus kembali menekuni hobinya hingga menjadi sebuah usaha peternakan. Dan dalam kurun waktu dua tahun terakhir hingga saat ini Yus bisa mengembangkan 5000 ekor burung puyuh petelur. Setiap harinya rata-rata ternak Yus bisa menghasilkan tujuh kotak telur, satu kotaknya berjumlah 500 butir telur. Harga jual per kotaknya rata-rata Rp 100.000. Jadi dalam sehari, dari halaman belakang rumahnya berukuran 5×10 meter Yus bisa memperoleh uang Rp 700.000/hari.

Kepada Analisa Yus menambahkan, dengan keterbatasan kemampuan financial yang ia miliki, ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Batubara melalui Dinas Peternakan dan instansi-instansi terkait lainnya agar bapat membantu menunjang perkembangan usahanya dengan cara upaya penambahan jumlah induk/bibit, dan penambahan modal usaha untuk meringankan biaya pengeluaran untuk pembelian pakan.

Yus berencana bahwa dirinya berkeinginan sekali untuk menambah jumlah ternak puyuh petelurnya dari 5000 ekor hingga menjadi 1000 ekor bahkan jika bisa lebih ungkapnya.

Ia mengatakan, secara tidak langsung dirinya sudah ikut berperan membangun Batubara dengan cara penambahan gizi bagi masyarakat melalui telur burung puyuh yang dikonsumsi oleh masyarakat.

Sekretaris Dinas Peternakan Kabupaten Batubara Drh Edi Vanhuri saat di konfirmasi Analisa mengatakan bahwa Dinas Peternakan Kabupaten Batubara akan berupaya untuk membantu kelompak masyarakat yang bersungguh-sungguh untuk mengembangkan usaha peternakannya dengan cara melakukan upaya pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat maupun menyalurkan fasilitas sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat. (ap)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *