SETIAP BULAN 7.000 WARGA RIAU BEROBAT KE MALAYSIA

PEKANBARU, KOMPAS.com – Setiap bulan, sebanyak lebih dari 7.000 warga dari berbagai wilayah kabupaten atau kota di Riau, berpergian ke Malaysia dengan tujuan berobat ke tiap rumah sakit yang ada di sana.

“Walau jumlah pelancong Indonesia cenderung menurun setiap tahunnya, namun jumlah warga Riau yang berobat ke Malaysia terus saja meningkat,” kata Konsulat Malaysia, Azizan Ismail, di Pekanbaru, Sabtu (1/9/2012).

Umumnya, kata dia, mereka rata-rata berobat atau menjalani perawatan di beberapa rumah sakit ternama di Malaysia, seperti RS Pantai, RS Putra, dan Rumah Sakit Mahkota di Malaka.

Aktivitas berobat warga Riau itu, menurutnya, merupakan hal yang lazim terjadi sejak lama. Menurut Azizan, hal ini menunjukkan hubungan yang baik antara Malaka dan Riau.

Berobat ke negeri seberang bukanlah hal yang sulit karena adanya jalur penerbangan Riau-Malaka yang tersedia setiap hari oleh beberapa maskapai penerbangan seperti Air Asia, Firefly, Wing’s Air, dan Lion Air.

Azizan yakin, kemudahan transportasi ini akan makin meningkatkan jumlah pasien Indonesia ke negeri itu.

Gubernur Riau HM Rusli Zainal juga mengakui, hubungan Riau dengan Malaysia sejauh ini memang sudah sangat harmonis. “Baik di bidang perobatan atau rumah sakit, maupun dalam sektor peningkatan ekonomi kerakyatan,” katanya.
sumber : http://regional.kompas.com

 

This entry was posted in Berita, Berita Pilihan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *