SEKITAR 2.000 HEKTARE LAHAN SAWAH BATUBARA AKAN DIALIRI AIR

MedanBisnis –Batubara. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Batubara Riswan Simarmata menyebutkan, sekitar 2.000 hektare lahan sawah milik petani di tiga kecamatan yakni Kecamatan Air Putih, Medang Deras dan Sei Suka akan segera dialiri air.
“Selama ini lahan yang ada di tiga kecamatan itu selalu kekurangan sumber air bahkan sempat terjadi kekeringan akibat aliran air Sungai Bah Bolon tak mampu menembus sedimen(timbunan) pasir yang ada di saluran primer di daerah irigasi perkotaan Kecamatan Air Putih,” kata Riswan kepada MedanBisnis, Selasa (28/8).

Dikatakannya, dari hasil koordinasi dan kerja sama antara Dinas Pertanian dengan Dinas PU setempat telah diputuskan untuk segera mengambil tindakan dengan cara melakukan normalisasi saluran primer irigasi dengan menggunakan alat berat eskavator.

Kepala Dinas PU Batubara Hari Sukardi ketika dikonfirmasi MedanBisnis, membenarkan dalam waktu dekat ini pihakya akan menurunkan alat berat ke lokasi irigasi persawahan masyarakat dari tiga kecamatan tersebut yang mengalami sendimentasi.

“Untuk kepentingan petani kami segera bertindak sehingga petani tidak kesulitan mendapatkan air untuk lahan sawahnya,” ujarnya.
(bistok siagian)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *