REKTOR DAN MAHASISWA CZECH UNIVERSITY PELAJARI KOPI LINTONG

MedanBisnis –Doloksanggul. Terkesan dengan kopi Lintong, Rektor Czech University of Life Sciences in Prague (CULS)  Prof Jiri Balik bersama 17 orang mahasiswa dan dosen melakukan kunjungan ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), belum lama ini. Kunjungan tersebut tak lain untuk melihat langsung perkembangan kopi Lintong dari daerah tersebut.
Rombongan  tersebut diterima oleh Ketua KSU POM Humbang yang juga salah satu pemerhati Kopi Lintong, Gani Silaban di Desa Nagasaribu. Menurut Gani Silaban kunjungan rektor, dosen dan mahasiswa tersebut, untuk melihat langsung kopi yang dihasilkan dari Humbahas.

“Kualitas kopi Lintong sudah merambah ke benua Eropa timur seperti Republik Czech. Dan, para tamu dari Czech University sangat terkesan dengan perkopian Humbang Hasundutan dan kemampuan masyarakat setempat dalam memproses kopi, sudah cukup profesional,” akunya.
Dikatakannya, kunjungan tersebut juga merupakan program persahabatan dengan Politenik Del Laguboti Porsea Kabupaten Toba Samosir, di mana kerja sama dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Roy Tobing sebagai koordinator program Politenik Del, mengatakan, kedepan akan semakin digalakkan program serupa dengan mengundang dari luar negeri untuk lebih memotivasi para mahasiswa .

Sementara David Herak, koodinator program  untuk Czech University, mengatakan, pihaknya akan lebih meningkatkan hubungan persahabatan dengan masyarakat Sumut dan akan mempromosikan potensi ini ke negara negara Eropa Timur.

Dalam kesempatan itu, para rombongan melakukan observasi proses pengemasan kopi yang setiap hari Jumat merupakan pekanan (pasar lokal-red), dan menyempatkan berkunjung ke Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) yang disambut langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi Humbahas (Disperindagkop) Johny Waslin Purba.

Di sana mereka melihat produk-produk unggulan Humbahas dan membeli beberapa produk seperti kopi Lintong untuk oleh-oleh.

Kepala Dinas Perindagkop Humbahas, JW Purba , kepada MedanBisnis, membenarkan kedatangan para mahasiswa dari Republik Czech, tepatnya di KSU POM Humbang dari Desa Nagasaribu yang sedang digarap sebagai program promosi pertanian  dan pariwisata Humbahas.

Program tersebut memfokuskan pemberdayaan manusia untuk semua kalangan terutama pada generasi muda maupun para siswa sekolah yakni program persahabatan dan menjalin hubungan silaturahmi dengan masyarakat setempat melalui program homestay dan promosi pariwisata melalui kunjugan tempat wisata seperti Baktiraja, Sipincur, Bukit Pesona dan lain lain. “Semua program ini dituangkan dalam satu paket Coffee Travel,” kata Gani . (ck 10)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *