RATUSAN JUTA ANGGARAN VAKSINASI DI KABUPATEN DAIRI

Sidikalang-andalas, Tahun 2012 sudah hampir habis dan berbagai kegiatan juga sudah dilaksanakan pemerintah, melalui SKPD. Begitu juga kegiatan pelayanan vaksinasi bagi balita dan anak sekolah yang berbiaya ratusan juta dan dianggarkan di APBD 2011 sudah dilaksanakan dengan baik.

Demikian diungkapkan Kasi P2P-PL Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi, A Sinambela kepada andalas, di ruanga kerjanya, Kamis (30/8). Disebutkan, pelayanan vaksinasi bagi balita dan anak sekolah dilaksanakan setelah vaksin diterima dari Provsu dan Dinkes Dairi. Kemudian, dilaksanakan melalui sekolah-sekolah dan juga Pustu tempat pelayanan kesehatan masyarakat. Anggaran yang hampir seperempat miliar itu kegunaannya meliputi transportasi petugas, bimbingan teknis dan monitoring di lapangan. “Vaksin didatangkan dari Provsu, dana Rp 240 juta untuk jasa para tetugas pelayanan vaksinasi,” bebernya.

Sinambela menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi untuk anak sekolah merupakan perlayanan vaksin campakĀ  sekali dan pelayanan vaksin tetanus sekali setahun. Sementara yang rutin untuk bayi, balita dan ibu hamil adalah vaksin BCG, hepatitis, DPT, polio dan campak.

Dikatakan, kegiatan pelayanan vaksinasi setiap tahun dilaksanakan Pemkab Dairi melalui Dinkes denganĀ  menganggarkan dana APBD.”Dan setiap tahunnya laporan penerima vaksinasi ini juga terdata oleh Dinkes yang langsung dikirimkan ke Provsu guna mengetahui masyarakat Dairi yang telah terlayani vaksin pencegah penyakit berbahaya,” ujarnya.

Sedangkan, untuk penanggulangan penyakit menular yang berdana hampir Rp 2 M, sebaiknya langsung ditanya ke Kadis.”Soalnya, yang kami gunakan sebagai pengelola kegiatan penanggulangan penyakit menular untuk tahun 2011 hanya Rp 600 juta,” katanya.(ss)
sumber : http://harianandalas.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *