PETANI JERUK KHAWATIRKAN SERANGAN HAMA PENGGEREK

MedanBisnis – Medan. Petani jeruk di Desa Namuriam, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deliserdang mengkhawatirkan hama penggerek batang yang seringkali menyerang tanaman jeruk mereka. Serangan hama tersebut menyebabkan batang tanaman menjadi mati setelah sebelumnya mengering.
Hal tersebut dikemukakan, salah seorang petani jeruk, Setia Tarigan kepada MedanBisnis, Senin (27/8) di Medan. Menurut Setia, hama penggerek batang sudah sejak lama menyerang tanaman mereka.

Dia mengaku mereka terpaksa mengabaikan serangan tersebut karena tidak tahu lagi harus melakukan apa. “Ya, saya biarkan saja, nanti kan mati, tapi kalau nampak hamanya, langsung saya bunuh,” katanya.

Dikatakannya, hama penggerek tersebut berupa sejenis serangga besar berwarna hijau dengan sayap mengkilat dengan panjang tubuh 3 – 5 centimeter. Selain menyerang batang, hama tersebut juga memakan daun dan buah sehingga daun rusak dan buah terdapat bercak berwarna coklat muda. “Kalau luka yang di buah, hampir mirip seperti serangan lalat buah,” katanya.

Di ladangnya seluas satu hektare, terdapat beberapa batang tanaman jeruk yang mati mengering. Biasanya ketika terdapat satu pohon yang mati mengering tak ada yang banyak dilakukan selain membiarkannya sehingga bisa dicabut di kemudian harinya.

“Antisipasi yang paling cepat kalau saja ada yang diserang adalah dengan memotong bagian batang yang mengering,” katanya.

Jika serangan hama penggerek tersebut tidak segera diatasi, ia khawatir bisa semakin menyebar dan itu berarti semakin parah. “Ada kekhawatiran kalau saja yang diserang semakin banyak, bisa jadi merugi terus, karena ini saja kami sudah kesulitan mengatasinya selain membiarkannya,” ujarnya. (dewantoro)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

 

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

2 Responses to PETANI JERUK KHAWATIRKAN SERANGAN HAMA PENGGEREK

  1. Pingback: buy liquid lsd vials online for sale overnight delivery in usa canada uk https://thepsychedelics.net

  2. Pingback: elo max sexo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *