KANTOR IMIGRASI SEGERA JEMPUT IMIGRAN GELAP DARI MENTAWAI

Padang (ANTARA News) – Kantor Imigrasi Padang, Sumatera Barat (Sumbar), akan segera menjemput puluhan imigran gelap asal Srilangka dari Kabupaten Kepuluan Mentawai yang diamankan petugas gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan kepolisian.

“Kita sudah menyusun rencana untuk menjemput puluhan imigran gelap itu,” kata Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha Kantor Imigrasi Padang, Sapto Handoyo, Sabtu.

Menurut dia, kantor imigrasi Padang akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam penjemputan para imigran gelap itu

“Beberapa orang petugas dari Imigrasi Padang akan dipersiapkan berangkat menuju Mentawai untuk menjemput puluhan imigran yang diamankan petugas gabungan TNI serta pihak kepolisian,” katanya.

Kantor Imigrasi Padang belum tahu ke mana tujuan puluhan imigran gelap asal Srilangka yang diamankan petugas gabungan di Mentawai.

Secara terpisah, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Kepulauan Mentawai, AKBP Cucuk Trihono, saat dihubungi berharap pihak kantor Imigrasi untuk menjemput puluhan imigran gelap.

“Kita sekarang ini akan koordinasi dengan pihak kantor imigrasi agar menjemput para imigran gelap asal Srilangka itu,” katanya.

Menurut dia, puluhan imigran asal Srilangka itu telah ditampung di gedung Nasional Kui, Sikakap, Kabupaten Kepuluan Mentawai hal ini sesuai dengan hasil kesepakatan bersama, yakni TNI, Polri, serta Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida).

“Seluruh imigran gelap itu telah diperiksa satu per satu oleh petugas untuk dimintai keterangan,” katanya.

Pihak kepolisian tahap awal telah mengamankan para imigran gelap itu, tambah Cucuk Trihono soal keimigrasian tentunya pihak kantor Imigrasi mengetahui lebih banyak.

Kepolisian mengamankan 93 orang imigran gelap asal Srilangka dan dua kapal berbendera Srilangka.

Petugas menemukan di perairan Sikakap tepatnya desa Malakopa, Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepuluan Mentawai. Kapal terombang ambing terbawa arus laut selama tujuh hari, dan Kamis, sekitar pukul 13.00 WIB, serta Jumat sore kapal tersebut ditemukan, dengan keadaan mesin kapal mati. (Ant)

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *