INFRASTUKTUR PARIWISATA LANGKAT PERLU DIBENAHI

LANGKAT – Pemerintah Daerah Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, diminta membenahi infrastruktur terutama jalan dan penerangan jalan menuju kawasan pariwisata setempat.

Kawasan pariwisata tersebut terdapat di Tangkahan, seperti Bukit Lawang Bahorok, Pemandian Pangkal Sei Bingei, dan Pantai Brehwe Pangkalan Susu.

“Saat ini infrastruktur jalan dan penerangan umum menuju kawasan wisata perlu menjadi perhatian Pemkab Langkat,” kata Wakil Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat Lantera Institute Kabupaten Langkat, Selamat, di Stabat, hari ini.

Sebab, hasil peninjauannya langsung ke lokasi objek wisata itu, masih banyak lagi jalan yang rusak, termasuk lampu penerangan jalan umum yang tidak ada di beberapa tempat, sehingga ketika malam hari suasana gelap di sepanjang jalur itu, katanya.

Ia mengharapkan, pemerintah Kabupaten Langkat dan pemerintah Provinsi Sumatera Utara dapat bersinergi dalam membangun infrasktruktur menuju kawasan wisata di daerah tersebut, yang potensinya sangat besar.

Tokoh pemuda Langkat itu juga menjelaskan bahwa cukup banyak objek wisata yang selama ini ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal, domestik maupun mancanegara di Langkat yang perlu menjadi perhatian.

Ada beberapa objek wisata yang menjadi perhatian seperti Bukit Lawang, Tangkahan, pantai Pangkal, pantai Brehwe, yang selama ini cukup ramai dikunjungi masyarakat.

“Objek wisata itu selalu ramai, terutama pada akhir pekan dan liburan sekolah, karena itu Pemkab Langkat, perlu memberi perhatian lebih dengan menyediakan infrastruktur memadai,” katanya.

Ketua Seniman Indonesia Anti Narkoba Langkat itu mengaku optimistis jika jalan menunju kawasan wisata tersebut diperbaiki, akan lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung dan berarti pendapatan daerah akan meningkat.

“Langkat memiliki objek wisata cukup banyak dan selama ini sudah dikenal ke mancanegara, jadi tinggal pemerintah daerah lebih mengoptimalkan pengelolaannya saja,” katanya.

Selamat juga menjelaskan, jika pariwisata berkembang, bukan hanya pendapatan daerah yang meningkat, tapi juga akan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Langkat, Effendi Lubis dari Partai Amanat Nasional yang dihubungi secara terpisah, berharap kepala kantor pariwisata seni dan budaya Langkat yang baru Edy Syahputra, mampu mendorong peningkatan pariwisata ini.

“Kepemimpinan beliau diharapkan memberikan sentuhan baru bagi peningkatan dunia wisata di Langkat ini,” katanya. Dia juga menginginkan adanya penertiban pengutipan liar, perbaikan sarana dan prasaana menuju kawasan wisata, pengadaan kepentingan umum seperi WC dan kamar mandi, jalan setapak, dan berbagai terobosan lainnya.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *