INDONESIA PRODUSEN KOPI TERBESAR KETIGA DI DUNIA

[JAKARTA] Masyarakat Indonesia harus bangga pada bangsanya sendiri. Selain alam nusantaranya yang indah, Indonesia berada di peringkat ketiga sebagai produsen kopi terbesar di dunia.

Hal itu berdasarkan data Indonesian Coffee Festival (ICF). Brazil masih menjadi produsen kopi nomor satu di dunia, disusul Kolombia. Sementara Indonesia terus dibuntuti oleh Vietnam sebagai posisi keempat.

“Sekarang Vietnam mau rebut posisi, karena menghasilkan kopi dan menjualnya murah. Itu persaingan komoditi ekspor,” ujar Direktur ICF Ellyanthi Tambunan, di Jakarta, baru-baru ini.

Dari data yang didapatkan ICF, Indonesia menjadi penghasil kopi Robusta (85 persen) terbanyak, disusul oleh kopi Arabika (15 persen). Dari kedua jenis kopi tersebut, Indonesia telah memproduksi 600.000 ton per tahun, dari 1,3 juta hektare kebun rakyat.

Dengan angka produksi itu, Indonesia sudah menyuplai tujuh persen dari produksi kopi dunia. Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Pemkab Gianyar, Kerajaan Ubud, Asosiasi Kopi Spesial Indonesia, Komunitas Kopi, dan Blogger Kopi, akan menggelar Festival Kopi (ICF) Indonesia, di Ubud, Bali pada 15-16 September 2012.

”Penyelenggaraan ICF yang kedua kalinya ini, bertujuan menjadikan Indonesia sebagai kiblat kopi dunia, serta memosisikan agrowisata kopi sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan, sekaligus mengembangkan kuliner sebagai lifestyle yang menjadi bagia dari ekonomi kreatif,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar.

ICF mencatat, ada sekitar 100 miliar cangkir kopi, atau sekitar 165,9 ton kopi yang diseduh setiap hari di seluruh dunia.

Di Indonesia, jumlah kebutuhan kopi diperkirakan mencapai 121.107 ton per tahun.   Dijelaskan, bahwa luas area perkebunan kopi di Indonesia mencapai 1,3 juta hektare, di antaranya tersebar di Aceh, Sumut, Lampung, Jabar, Jateng, Bali, NTT, Sulsel, hingga Papua. [H-15]
sumber: http://www.suarapembaruan.com

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *