AAA AKHIRI PROGRAM KAKAO DI ACEH

Banda Aceh-andalas, Lembaga internasional, Action Aid Australia (AAA), yang selama ini bekerja sama dengan Yayasan Keumang mengakhiri program pengembangan kakao yang dilaksanakan di Provinsi Aceh sejak Juli 2010.

“Kami berharap program yang telah dilaksakan AAA-Yayasan Keumang dapat terus dilanjutkan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani di masa mendatang,” kata Country Director AAA Kevin Mc Court di Banda Aceh, Kamis malam.

Hal itu disampaikannya disela-sela penutupan program peningkatan daya saing rantai nilai kakao Aceh untuk meningkatkan pendapatan petani kakao, menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan.

Dijelaskannya, pihaknya telah membina, meningkatkan kapasitas petani dan fasilitas pendukung pertanian bagi petani kakao yang ada di tiga kabupaten yakni Pidie, Aceh Utara dan Aceh Timur.

“Berbagai program yang telah dilaksanakan AAA-Keumang agar mampu dilanjutkan pemerintah kabupaten dan provinsi untuk mendampingi petani di tiga lokasi tersebut khususnya dan Aceh umumnya,” katanya.

Dikatakan, pihaknya menyakini adanya program pendampingan secara berkelanjutan oleh pemerintah khususnya dan pihak lainnya akan mampu memaksimalkan budidaya kakao yang lebih baik di masa mendatang.

Ia mengatakan, dalam program kakao Aceh tersebut pihaknya telah membentuk sembilan koperasi primer dan satu koperasi skunder yang menaungi sekitar 4.500 petani kakao di provinsi ujung paling barat Indonesi itu.

Program kakao Aceh yang dilaksanakan AAA-Yayasan Keumang di tiga kabupaten yang ada di provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa itu didanai oleh Multi Donor Fund (MDF) melalui kegiatan Economic Development Financing Facility (EDFF).

Sementara itu, Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf mengatakan Pemerintah Aceh berkomitmen untuk melanjutkan program pendampingan tehadap para petani kakao yang ada di provinsi setempat. (ANT)
sumber : http://harianandalas.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *