581 CALHAJ SUMUT BELUM LUNASI BPIH

Hingga Hari Terakhir

Medan-andalas Hingga hari terakhir tahap pertama pelunasan ongkos naik haji atau Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH), Jumat (31/8), belum semua calon jemaah haji dari 33 kabupaten/kota di Sumut melunasinya.

Bagi para calon jemaah haji yang tidak melunasi BPIH tersebut, maka namanya tidak masuk dalam tahap kedua pelunasan yang akan dimulai pada 3 hingga 7 September 2012.

“Jadi yang tidak melunasi tahap pertama akan masuk dalam daftar tunggu untuk pemberangkatan tahun berikutnya karena mereka sudah diberi waktu untuk melunasinya,” ujar Kabid Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sumatera Utara Abd Rahman Harahap melalui stafnya Eri Nova SE, Jumat (31/8).

Menurutnya yang tahap kedua pelunasan antara lain untuk jemaah yang sudah pernah berangkat menunaikan ibadah haji tetapi namanya masuk dalam pemberangkatan tahun ini.

Dari 8.180 porsi haji untuk Sumut tahun ini, katanya, yang baru melunasi BPIH sebanyak 7.599 calon dari seluruh kabupaten/kota atau sebanyak 581 calon lagi.

“Kalau nanti kuotanya tidak terpenuhi, maka untuk menutupinya akan ditentukan oleh pusat,” sebut Eri.

Kakankemenag Medan H Iwan Zulhami SH MAP mengakui kalau belum semua calon jemaah haji dari Medan yang melunasi BPIH. Untuk itu, porsi yang lowong akan digantikan dengan porsi yang ada di bawahnya.

Sementara Kasi Haji Kemenag Medan Drs H Ahmad Qosby Nasution MM menimpali tahap I pelunasan BPIH dimulai dari 16 Juli 2012 sampai dengan 31 Agustus 2012.

“Jadi bagi yang tidak melunasi sampai waktu yang diberikan maka porsinya naik lagi ke atas. Untuk Medan porsinya 2.960 dan yang sudah melunasi 2.700 orang. Jadi porsinya diberikan kepada yang sudah masuk porsi berikutnya,” jelas Qosby.

Sedangkan kuota untuk Sumut sebanyak 68.450, namun, sebut Qosby, bila kuota ini kurang, maka akan dinaikkan untuk memenuhi kuotanya. “Tetapi ini keputusan dari pusat dan kita masih menunggu infonya,” katanya.

Untuk itu, Kakankemenag Medan Iwan Zulhami mengimbau bagi yang sudah mendaftar dan melunasi BPIH agar mengecek ulang ke Kantor Kemenag seperti masalah kesehatan, paspor, dan lainnya.

“Kalau masalah paspor sudah hampir rampung dan 13 sampai 14 September nanti kita akan melaksanakan manasik akbar,” imbuh Iwan Zulhami mengakhiri.(YN)
sumber : http://harianandalas.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *