2013, BAKORLUH TARGETKAN SATU PENYULUH SATU DESA

MedanBisnis –Medan. Kepala Badan Koordinasi Penyuluhan (Bakorluh) Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Propinsi Sumatera Utara (Sumut), Bonar Sirait mengatakan harus ada minimal satu orang tenaga penyuluh pertanian di setiap desa/kelurahan di seluruh daerah Sumut di tahun 2013.
“Harapan kita di 2013, harus sudah ada minimal satu orang tenaga penyuluh pertanian di satu desa agar target pertanian Sumut tercapai. Dan, ini adalah target kami,” kata Bonar Sirait kepada wartawan di kantornya di Jalan AH Nasution Medan, Selasa (28/8).

Bonar, yang baru pada 3 Juli 2012 menjabat Kepala Bakorluh menjelaskan, saat ini jumlah desa di Sumut mencapai 5.768 pada 388 kecamatan di 33 kabupaten/kota, dimana 195 kecamatan sangat potensial untuk pengembangan pertanian. Sementara jumlah penyuluh pertanian yang ada di kabupaten/kota belum seimbang, baru 3.146 orang.

Lebih lanjut dijelaskan, 3.146 orang tenaga penyuluh pertanian tersebut terdiri dari 1.312 pegawai negeri sipil (PNS), 1.784 orang tenaga harian lepas (THL-TBPP), dan 50 orang THL Propinsi.

“Artinya jumlah 3.146 penyuluh yang ada saat ini, belum cukup atau masih butuh 2.672 tenaga lagi jika untuk memenuhi satu penyuluh satu desa ,” ujarnya.

Untuk itu, upaya untuk menambah jumlah tenaga penyuluh pertanian terus dilakukan, baik merencanakan merekrut tenaga penyuluh dari jalur CPNS maupun melalui pendekatan kepada kelompok-kelompok (Poktan) tani yang ada serta tenaga-tenaga lulusan muda pertanian saat ini.

“Kan banyak Poktan yang berhasil, mengapa tidak kita berdayakan mereka,” sebutnya.

Dengan telah terpenuhinya tenaga penyuluh pertanian satu orang di setiap desa, menurut Bonar bukan tidak mungkin target pertanian Sumut, misalnya surplus komoditas pertanian terwujud.

“Inilah yang selalu disampaikan Bapak Plt Gubsu H Gatot Pujo Nugroho dalam berbagai kesempatan agar Sumut sebagai daerah potensial pertanian, mengemuka dan bersaing kompetitif dengan propinsi lainnya di Indonesia bahkan luar negeri sekali pun. Apalagi untuk beras, Sumut menjadi salah satu pilot project nasional yang ditarget memberi kontribusi produksi padi nasional,” katanya.

Bonar juga memikirkan kecukupan tenaga penyuluh di bidang perikanan dan kehutanan. Sumut sendiri memiliki 118 kecamatan potensial perikanan dan 75 kecamatan potensial kehutanan. Sementara tenaga penyuluh perikanan yang ada sebanyak 146 orang yang terdiri dari 93 PNS dan 53 non PNS. Demikian juga tenaga penyuluh kehutanan baru mencapai 100 orang.(benny pasaribu)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *