PUKAT GRONDONG TABRAK DAN LEMPARI KAPAL NELAYAN

Batu Bara-andalas, Pukat grondong diduga dari Tanjung Balai menabrak satu kapal nelayan dengan juragan Muliono (38).Akibat ditabrak dua nelayan terlempar ke laut, tapi dapat diselamatkan.

Sementara, satu kapal nelayan lainnya dengan juragan Marten (37), dilempari dengan benda keras dan tajam mengakibatkan Marten terluka dan berdarah di bagian belakang badannya.

Peristiwa yang nyaris menimbulkan korban jiwa itu terjadi di laut Batu Bara,cRabu (29/8) sekitar pukul 23.00 WIB. Mengalami peristiwa itu, Muliono dan Marten didampingi lima nelayan lainnya mengadukan hal yang mereka alami ke DPRD Batu Bara di Limapuluh.

Kepada dua anggota Komisi C Ir Kristian Manurung (FPDI Perjuangan) dan Mora Muda Harahap (FPPP), nelayan melaporkan peristiwa yang mereka alami sekaligus minta perlindungan.

Menurut Marten, malam itu mereka dalam perjalanan pulang dari menangkap ikan. Namun di perjalanan mereka melihat pukat Grondong sedang beroperasi. Marten maupun Muliono minta kepada juragan pukat grondong untuk meninggalkan tempat mereka menangkap ikan.

Reaksinya awak kapal pukat Grondong melempari kapal-nelayan Marten mengakibatkan Marten terluka berdarah di bagian belakang badannya. Kapal dijuragani Marten berhasil mengelak dan lari dari tabrakan Pukat Grondong.

Tapi, naas bagi kapal Muliono. Kalah cepat, kapal Muliono sempat tersenggol. Akibatnya kapal terguncang dan oleng, dua orang anak buahnya terlempar ke laut, tapi dapat diselamatkan. Satu drum ikan tangkapan tercurah ke laut dengan kerugian Rp 2 juta.Setelah peristiwa itu pukat grondong kabur meninggalkan korbannya.

Anggota Komisi C Ir Kristian, setelah menerima laporan nelayan asal Desa Maju kecamatan Tanjung Tiram Batu Bara itu, berjanji akan menindaklanjuti laporan tersebut dan akan mengundang pihak terkait terutama aparat yang bertugas melakukan pengamanan di laut Batu Bara.

Marten mewakili nelayan berharap agar Pemkab Batu Bara serta aparat terkait dapat menertibkan beroperasinya pukat grondong dari laut Batu Bara.(SUSI)
sumber : http://harianandalas.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *