PEMKO SIBOLGA DITUDING SEROBOT LAHAN PEMKAB TAPTENG

Sibolga-andalas, Sejumlah PNS didukung Satuan Polisi Pamongpraja Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), kemarin ‘menyerang’ kota Sibolga meminta pegawai Disdik Pemko Sibolga meninggalkan (mengosongkan) gedung eks Akademi Keperawatan (Akper) Pemkab Tapteng yang berada di jalan Tuanku Dorong Hutagalung.

Desakan pengosongan oleh Pemkab Tapteng ke Pemko Sibolga harus dilaksanakan Rabu (29/8) itu juga, mengingat tidak adanya surat permohonan resmi pemakaian eks gedung/kantor Akper ke Pemkab Tapteng. Eks gedung/kantor Akper milik Pemkab Tapteng itu beberapa bulan ini ditempati Disdik Pemko Sibolga.

Pantauan andalas, kedatangan pegawai didukung Satpol PP Pemkab Tapteng ke lokasi Pembangunan Kantor Dinas Pendidikan Sibolga disambut pegawai Pemko Sibolga yang juga didukung Satpol PP. Bahkan sejumlah pemuda kota Sibolga dengan pengawasan personel Polres Kota Sibolga dari satuan intel. Sibolga-andalas,-

Terkait dugaan penyerobotan lahan dan aset milik Pemkab Tapteng oleh Pemko Sibolga untuk pembangunan kantor Disdik Kota Sibolga Tahun Anggaran 2012 di Jalan Tuanku Dorong Hutagalung Kota Sibolga, Kamis (30/8) pihak Polres Tapteng dan Polresta Sibolga melakukan penjagaan ketat di lokasi.

Pemkab Tapteng melalui Kepala Dinas P2K2D Sokhizaro Laia mendesak Pemko Sibolga untuk mengosongkan aset eks Sekolah Akper yang dipergunakan Pemko Sibolga untuk kantor sementara Disdik Sibolga, karena kantor Disdik Sibolga sedang dibangun di atas lahan sengketa kedua daerah bertetangga tersebut.

Pemkab Tapteng didukung Satuan Polisi Pamongpraja untuk segera meninggalkan (mengosongkan) gedung eks sekolah akademi keperawatan (Akper) yang diklaim milik Pemkab Tapteng  yang digunakan Disdik Sibolga sebagai kantor sementara.

Setelah sempat bersitegang antara aparatur kedua daerah terssebut akhirnya para pemangku jabatan di dua daerah itu adakan pertemuan antara pemkab Tapteng dan Pemko Sibolga digelar di gedung eks kantor Akper Tapteng, Kamis.

Pihak pemkab Tapteng diwakili Kadis Pendapatan Pengelola Keuangan dan Kekayaan Daerah (P2K2D) Drs Sokhizaro Laiya, Kabag Humas Iwan RM Sinaga, Kaban kesbang Pol Linmas dan Satpol PP Ir Suroto, Kabag Hukum Dedi Syafei SH, dan Kepala Dinas Pertanahan Drs Erwin Marpaung. Sementara Pemko Sibolga diwakili Wakil Wali Kota Marudut Situmorang AP MSP dan Kakan Satpol PP Sibolga Singkat Sijabat SSos.

Marudut Situmorang usai rapat kepada wartawan mengatakan, solusi yang disepakati bersama dalam pertemuan tersebut, pembangunan gedung Kantor Dinas Pendidikan Kota Sibolga di Jalan Tuanku Dorong Hutagalung Kelurahan Kota Baringin yang terkena dengan lahan (tanah) milik Pemkab Tapteng disetop sementara sambil menunggu proses administrasi selajutnya.

Kemudian, pembangunan kantor Dinas Pendidikan Kota Sibolga yang sedang berjalan bernilai Rp 2 M lebih,  di atas lahan (tanah) milik Pemko Sibolga tetap dilanjutkan. Sedangkan pemakaian gedung eks Kantor Akper Pemkab Tapteng yang dijadikan Pemko sebagai kantor sementara Dinas Pendidikan Kota Sibolga untuk sementara ditangguhkan sambil menunggu jawaban Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang atas surat permohonan pemakayan gedung tersebut, yang telah dilayangkan Pemko Sibolga ke Pemkab Tapteng.
sumber : http://harianandalas.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *