LONGSOR ANCAM SUMUT

MEDAN (Waspada): Masyarakat Sumatera Utara diminta meningkatkan kewaspadaan. Ke depan peluang longsor di kawasan pesisir barat dan timur Sumatera Utara cukup besar, mengingat intensitas curah hujan meningkat di daerah ini.

Kawasan yang berpeluang longsor antara lain Tanah Karo, Dairi, Tapanuli Tengah, Madina, dan Tapsel, mengingat September 2012 sudah memasuki musim penghujan dan merata di Sumatera Utara. “Jadi di samping ancaman banjir, juga longsor bakal mengancam warga Sumatera Utara,” kata Kepala Data dan Informasi (Datin) Mega Sirait SP, pada BMKG Wilayah I Stasiun Bandara Polonia Medan, Selasa (28/8).

Menurut dia, ke depan curah hujan meningkat dan durasinya lama serta bisa mencapai berjam-jam, terutama dari malam hingga pagi. Hal tersebut akibat kondisi cuaca saat ini masih dipengaruhi terbentuknya arus udara masuk (konvergen) di wilayah pesisir barat maupun timur Sumatera Utara.

Data pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I, September kawasan Sumut secara umum sudah memasuki musim hujan.

BMKG memprakirakan, curah hujan pada September cukup tinggi, karena itu potensi banjir perlu diwaspadai, khususnya warga yang bermukim disepanjang bantaran sungai terutama daerah Medan, Deliserdang, Simalungun, Asahan, Langkat, dan Tapsel. “Sungai Deli, Denai, dan Sungai Babura bakal meluap, akibat intensitas curah hujan di hulu sungai meningkat seperti di lereng pergunungan dan perbukitan,” sebut Mega.

Ketika disinggung cuaca di perairan, Mega mengatakan, dalam dua hari belakangan ini gelombang laut di pantai barat kawasan Nias mencapai 2 hingga 3 meter.

Tingginya gelombang laut masih mengganggu para nelayan, terutama mereka yang menggunakan peralatan-peralatan tradisional menagkap ikan. “Dua hari kedepan kawasan barat Sumut, masih menjadi ancaman para nelayan menangkap ikan di laut lepas,” ujarnya.

Mega mengingatkan, angkutan ferry pada rute Nias-Sibolga dan sebaliknya harus hati-hati karena gelombang laut masih tinggi di kawasan itu. (m32)
sumber: http://waspadamedan.com

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *