650 PRAJURIT YONIF 123/RW JAGA PERBATASAN RI – M’SIA

P.SIDIMPUAN (Waspada): 650 Prajurit Bataliyon Infanteri 123/Rajawali bermarkas pusat komando di Kota Padangsidimpuan dalam waktu dekat ditugaskan sebagai Satuan Petugas (Satgas) penjaga perbatasan negara Republik Indonesia dengan Malaysia, di sepanjang Pulau Kalimantan.

“Sebelum diberangkatkan, seluruh prajurit diwajibkan mengikuti latihan pra tugas II dan III yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan kesiapan selama tugas pengamanan di perbatasan,” kata Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewijk F Paulus dalam amanat tertulis dibacakan Kasdam 1/BB Brigjen TNI I Gede Sumertha K.Y, PSC.MSc, pada upacara pembukaan latihan pra tugas II dan III di Stadion HM. Nurdin Nasution Padangsidimpuan, Rabu (29/8).

Menurut Pangdam, latihan pratugas ini berorientasi penuh pada tugas-tugas yang akan dilaksanakan di perbatasan. Sehingga, selama melaksanakan tugas, seluruh prajurit tidak kaku lagi dalam menjalankan prosedur pengamanan perbatasan negara.

“Ikuti dan jalani latihan pratugas ini dengan baik, karena akan menjadi bekal di daerah penugasan kelak. Seluruh prajurit harus menguasai teknik dan taktik bertempur serta kemampuan intelijen. Kemampuan dalam pembinaan teritorial juga harus dikuasai,” ujarnya/

Selain itu Pangdam juga menyinggung tentang tema latihan pratugas yang pembukaannya dihadiri Wali Kota Padangsidimpuan Zulkarnain Nasution dan Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu. Tema latihan pratugas adalah Satgas Yonif 123/RW malaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan darat RI-Malaysia dalam rangka menjaga kedaulatan wilayah NKRI.

Pangdam memerintahkan agar bisa menumbuhkan semangat dan motivasi peserta. Ciptakan mekanisme latihan yang relevan dengan realisme latihan, laksanakan pengawasan dan pengendalian yang baik pada setiap kegiatan, dan pastikan semuanya berjalan sesuai yang direncanakan.

Upacara pra rtugas II dan III ini diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Kasdam I/BB didampingi komandan upacara yang juga Danyon 123/RW, Mayor Inf Musa David M Hasibuan. Kemudian penyematan tanda peserta latihan secara simbolis kepada Letda Inf Abdul Halim dan Letda Inf Ro’uf Sulisto.

Turut hadir Rindam I/BB, Kolonel Inf Teguh Arief Indratmoko, yang nantinya bertugas sebagai komandan latihan. Danrem 023/KS Andika Perkasa SE,MSc.Phd, Kasrem Letkol Inf M Simorangkir, para Dandim, Wadan Yonif 123/RW Mayor Inf Wildan Bahtiar. Juga dihadiri Menejer PT. TPL James Tampubolon, Humas Riza Pasaribu, dan undangan. (a27)
sumber: http://waspadamedan.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *