TIPS PAKET WISATA LIBUR SEKOLAH

Ujian Nasional SMA/SMK telah usai. Sebentar lagi, pergantian tahun ajaran baru yang biasanya di antar oleh musim liburan panjang siswa, baik yang sudah lulus dan tengah menunggu pendaftaran ke jenjang yang lebih tinggi, atau para siswa yang baru menerima rapor kenaikan tingkat.

Liburan merupakan momentum yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas kegiatan positif: kursus singkat, pulang kampung, kerja sambilan, membaca buku, menulis novel dan lain-lain.  Namun tidak jarang pula, memkanai liburan sebagai waktunya istirahat, santai dan refreshing. Karena itulah banyak yang mengisi libur dengan kegiatan rekreatif. Tidak lengkap rasanya bila liburan tidak diisi dengan acara kunjungan wisata.

Kegiatan yang terakhir ini biasanya menjadi tren paket liburan yang sudah mentradisi di lingkungan remaja pelajar kita. Ada anggapan, belum libur kalau tidak mengisinya dengan tour atau darmawisata. Biasanya, kegiatan tour akan menjadi cerita hangat ketika mereka sudah masuk kembali ke kelas.

Bagi yang sudah punya rencana jauh hari, baik perorangan atau kelompok, liburan tahun ajaran baru bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Namun, apa yang bisa dinikmati dari paket wisata libur sekolah harus selaras dengan kebutuhan keuangan.

Alam adalah sumber inspirasi. Kesegaran udara  alam bebas pegunungan atau keindahan panorama pantai merupakan pesona yang mampu menjernihkan pikiran dan ‘menyuntik’ semangat.

Lalu, kemanakah akan menentukan pilihan wisata untuk mengisi liburan sekolah ini? Hal ini disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan siswa dengan tidak mengesampingkan makna dan tujuan sebuah liburan, baik sebagai wahana evaluasi diri atau membangkitkan semangat belajar di tahun ajaran baru.

Sekarang, banyak alternatif kebiasaan wisata yang bisa dilakukan. Di Sumut sejumlah obyek wisata menawarkan ragam pilihan paket yang menarik antara lain mengunjungi Danau Toba, mendaki Gunung Sinabung, menikmati kesegaran udara Brastagi, berwisata bahari di Pantaicermin dan Sialangbuah atau riset di perkebunan untuk membuat karya ilmiah dan banyak pilihan lainnya.

Wisata liburan sekolah ini biasanya tidak hanya digelar keluarga bersama orangtua, melainkan diprogramkan sekolah dan kalangan siswa sendiri. Dalam beberapa kasus, menyangkut penyelenggara liburan ini menimbulkan konflik antara orangtua dan sekolah.

Sekali peristiwa, sejumlah pelajar mengisi liburan dengan mengadakan kegiatan mendaki gunung Salak, Jawa Barat. Naas, rombongan yang berjumlah 6 orang itu tersesat dan dinyatakan hilang. Setelah berhari-hari dicari, barulah regu penolong menemukan mereka dalam keadaan kritis.

Semula para orangtua sempat menyalahkan pihak sekolah karena mengira hal itu program sekolah. Karena itu mereka minta pertanggungjawaban sekolah. Setelah diselidiki ternyata hal itu merupakan inisiatif pribadi masing-masing siswa.

Pada peristiwa lain, bus yang membawa rombongan siswa berlibur mengalami kecelakaan. Lagi-lagi kasus ini menimbulkan komplain dari orangtua pada pihak sekolah. Namun ditelusuri, rombongan itu memang sempat minta izin kepada kepala sekolah tapi tidak mendapat izin.

Nah bercermin dari musibah itu, hendaknya bagi pelajar yang ingin mengadakan kegiatan darmawisata mengisi liburan atau perpisahan di akhir tahun ajaran, baik atas nama sekolah atau pribadi, perlu diperhatikan menyangkut hal-hal: izin orangtua dan sekolah, keselamatan dan keamanan perjalanan.

Agar menghindari konflik dan agar pertanggungjawaban jelas, mintalah izin pada sekolah, bila memang hal itu program sekolah. Namun bila di luar program sekolah atau kemauan pribadi, mintalah restu pada orangtua.

Demi kenyamanan dan keselamatan perjalanan, pilihlah bus yang laik jalan dari sopir dari perusahaan angkutan atau biro perjalanan yang benar-benar bertanggungjawab terhadap keselamatan penumpang.
Bagi pelajar yang hendak pergi mendaki atau pun ekspedisi perlu diperhatikan kesiapan fisik dan bekal pengetahuan apabila terjadi hal-hal di luar dugaan. Keselamatan dan keamanan menjadi hal yang utama.Selamat berlibur!
sumber:http:// medan.jurnas.com

This entry was posted in Jelajah Objek Wisata Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to TIPS PAKET WISATA LIBUR SEKOLAH

  1. Pingback: informative post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *