SUMBER AIR PANAS PENEN YANG BELUM TERTATA

Obyek wisata sumber air panas yang tidak terlalu ja­uh dari Kota Medan, ternyata bukan monopoli Lau Debuk-debuk, Tanah Karo. Di Desa Penen Kecamatan Biru-biru Kabupaten Deliserdang tidak kalah menariknya. Hanya saja obyek wisata unik ini belum tertata.

Desa Penen, tempat sumber air panas itu, hanya berjarak sekitar 35 Km Selatan Medan ke arah Delitua dan Biru-biru. Dari Biru-biru sekitar 9 Km lagi, pengunjung sudah dapat menemukan sumber air panas Penen.
Menurut keterangan warga, di desa itu terdapat banyak sumber air panas yang beberapa di antaranya dibangun sebagai tempat pemandian umum yang dimanfaatkan warga.

Ketika datang dari arah Medan, kita akan menemukan sumber air panas pertama kali tidak jauh dari kantor Desa Penen. Di seberang penggilingan padi terdapat bilik-bilik kecil yang berfungsi sebagai kamar mandi air panas untuk umum.

Pengunjung bisa menikmati sensasi air panas tanpa dikutip bayaran sepeser pun. Warga di sana telah membangun bilik pemandian air panas untuk pria dan wanita dalam lokasi terpisah.

Sayangnya, obyek wisata potensial ini terkesan tidak terawat. Sampah berserakan di sekitar lokasi termasuk limbah gilingan padi yang menumpuk di sekiotar lokasi. Seandainya dirawat, dipastikan obyek wisata ini akan menarik minat lebih banyak pengunjung.

Kondisi serupa ditemui di obyek air panas kedua tidak jauh dari lokasi pertama. Di sana telah dibangun bak-bak kecil dan kolam mini menampung air panas untuk mandi. Juga terdapat fasilitas kamar ganti dan kamar mandi umum.

Menurut keterangan warga, fasilitas itu dibangun Pemkab Deliserdang. Meski ada sentuhan, namun tetap belum tertata dengan baik. “Seandainya bisa lebih tertata, obyek ini sangat me­ngundang minat wisatawan,” kata Dedi, pengunjung dari Lubukpakam.

Dedi tidak asal bicara. Dalam kondisi apa adanya seperti sekarang, Peman­dian Air Panas Penen, cukup ramai didatangi pengunjung khususnya pada hari libur. Mereka datang berombongan dari berbagai daerah sekitar Kota Medan. Umumnya pengunjung datang dengan berbagai motif. Ada yang sekadar rekreasi dan ada yang ingin berobat penyakit kulit. Konon air panas Penen dengan kandungan belerang yang aman, diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Hmmm, Anda ingin mencoba? Nasib TS
sumber:http:// medan.jurnas.com

This entry was posted in Berita dan Informasi Utk Takasima, Jelajah Objek Wisata Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to SUMBER AIR PANAS PENEN YANG BELUM TERTATA

  1. ingan apul sitepu says:

    sekitar 500 m dari lokadi air panas penen juga terdapat goa alam yg indah yg cukup menarik untuk dikunjungi dan telah dibangun kolam rendam air hangat sambil menikmati keindahan dinding goa karya lukisan alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *