KITA ORANG KARO

Ada peribahasa menyatakan Dimana Tanah Dipijak Di Situlah Langit di Jung-Jung
ya kita mulai saja sekilas tentang pengalaman saya……nama saya Dona Sinulingga saya lahir di Tanah Karo Simalem tepat nya di Kabanjahe Tercinta, saya di besarkan dan bersekolah di sana
Saya sangat cinta dan menikmati kota yang kecil nan indah dengan objek wisata nya yang lumayan banyak juga.

Namun menurut pandangan saya, Gambaran Taneh Karo hingga kini tidak banyak berubah, seperti tidak tersentuh oleh pembangunan, kemana saja semua dana APBD digunakan. Kita dapat lihat perkembangan ini mulai dari tahun 1990-an hingga kini yang sudah menginjak tahun 2010, tidak banyak perubahan dari wajah Taneh Karo…….Mengapa ??????

Bagi masyarakat dan penduduk Taneh Karo yang merantau apakah saudara/i semua manyadari akan hal ini…apakah ada banyak perubahan di Taneh Karo saat kita mengunjunginya kembali setelah sekian lama Kita tinggalkan ?????? jawabanya TIDAK. Perkembangan sangat lambat disana dibanding dengan daerah lain di Sumatera Utara…kemanakah pendapatan daerah Taneh Karo itu dialokasikan ?? begitu juga mungkin di beberapa daerah lain di Sumatera Utara yg terletak di pelosok.

Mulai dari permasalahan infrastruktur jalan, bangunan, informasi dan juga komunikasi. Mengapa ini bisa terjadi ? Padahal kalau kita kembangkan daerah Taneh Karo.. maka Taneh Karo dapat menjadi pusat pariwisata dan juga pusat sentra Pertanian dan perkebunan di Sumatera Utara. Disana bisa kita temukan berbagai macam tanaman produksi yang cukup menguntungkan seperti, jagung, padi, jeruk, kemiri, coklat, dan masih banyak yang lainnya.

Dari gambaran diatas bisa disimpulkan betapa suburnya tanah Karo bukan??, tinggal kepedulian dan juga kerja keras dari berbagai pihak terutama dari pemerintah Kab.Karo untuk mengembangkan dan memberdayakan kekayaan sumber daya alam Tanah Karo, Bukan megurasnya untuk kepentingan kelompok atau golongan tertentu terutama untuk kepentingan perseorangan.

Jadi maju atau tidaknya tanah Karo tergantung seberapa besar kepedulian dan juga Kerja keras kita untuk membangunnya..Jadi mari kita tumbuhkan rasa keperdulian dan cinta akan Tanah Kelahiran kita dan Nenek Moyang kita ini, mari kita bangun Tanah Karo untuk masa depan yang lebih baik bagi anak dan cucu kita nanti kedepan

Terima Kasih(Bujur)
sumber : http://donasinulingga.blog.com

This entry was posted in Momo Man Banta. Bookmark the permalink.

1 Response to KITA ORANG KARO

  1. YULI says:

    Saya orang mandailing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *