WARGA KUNJUNGI AIR TERJUN SIPISO-PISO

Merek, Sumut, 23/1 (ANTARA) – Air terjun Sipiso-piso di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara ramai dikunjungi warga yang mengisi liburan Imlek,untuk menyaksikan keindahan alam dari lokasi ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut tersebut.

“Dalam libur Imlek tahun ini, cukup banyak pengunjung yang memadati objek wisata guna menikmati pemandangan Tanah Karo ‘simalem’ (indah) dari gardu pandang di puncak bukit sebagai titik pangkal aliran air terjun itu,” kata Gurusinga, seorang pemandu wisata di Merek, Senin.

Ia mengatakan, ratusan warga yang berasal dari berbagai daerah sengaja berkunjung untuk melihat secara langsung puncak bukit yang memiliki ketinggian sekitar 120 meter, yang mengitari Air Terjun dimaksud, sebelum airnya mengalir ke Danau Toba.

Dikatakannya, dengan mudah wisatawan yang berlibur dapat menyaksikan keindahan ‘land scape’ Danau Toba yang merupakan danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara itu, karena perjalanan darat yang harus ditempuh dari Medan hanya butuh waktu sekitar dua jam ke Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo.

“Air terjun Sipiso-piso yang terletak sekitar 24 km dari Kecamatan Merek itu selalu dipadati pengunjung, terutama saat libur,” ujar Gurusinga.

Ia menyebutkan, objek wisata yang dikelola Pemerintah Daerah Kabupaten Karo tersebut mempunyai arti yang khusus, berasal dari kata “Sipiso-piso” (pisau tajam) seperti perumpaan derasnya air yang jatuh dari ketinggian bukit berkisar 120 meter itu, layaknya hunjaman berbilah-bilah pisau tajam.

Selain itu, jika dilihat dari puncak bukit, jurangnya nampak sangat curam, sehingga masyarakat setempat menyebutnya pisau dari Tanah Karo
Manurung, pengunjung yang sengaja datang bersama keluarganya menyebutkan, meski pun mereka harus berjalan kaki menuju lokasi air terjun, namun rombongannya tetap semangat menyusuri anak tangga, hingga mencapai lokasi pemandangan ketinggian bukit, sambil mendengarkan gemericik air yang memantul dari titik jatuhnya.

Pengunjung lainnya, Agus Hendratmo mengaku sangat puas menikmati bersihnya air di wilayah tersebut, dan pesona air terjun Sipiso-piso itu seolah mampu memberikan sensasi tersendiri, terutama pemandangan alam dibarengi pantulan air yang bergemuruh.

Ia berharap, objek wisata air terjun tersebut dapat ditingkatkan pengelolaannya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karo melalui Dinas Pariwisata, agar masyarakat dapat menikmati wisata dengan situasi dan lingkungan yang lebih nyaman. ***4***(Ant)

This entry was posted in Jelajah Objek Wisata Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *