BUDIDAYA JAMUR TIRAM JADI USAHA RUMAH TANGGA

Walikota Binjai HM Idaham SH MSi berkeinginan  mengembangkan bu­di­daya jamur  tiram sebagai usaha  ru­mah tangga sekaligus menambah peng­hasilan keluarga.  Untuk mewu­jud­kan keinginan itu, kini telah  di­ben­tuk kelompok  kegiatan pember­da­yaan perempuan melalui  usaha  jamur  di  tiap kecamatan. Sedikitnya te­lah ada  sepuluh usaha   budidaya  ja­­mur yang cukup berkembang  yang dikelola oleh para perempuan.

Beberapa di antaranya, dikelola Hera di Kelurahan Dame,  Kecamatan Bin­jai Utara. Kemudian Sum di Kelu­ra­han  Sumber Karya, Kecamatan Bin­jai Timur. Hj Lilis Sri Dewi di Kelu­rahan Rambung Dalam, Kecamatan Binjai Selatan.

Saat meninjau usaha yang dikelola para ibu rumah tangga itu, Senin (30/1), Walikota HM Idaham yang didampingi TP PKK Ny Lisa Andriani Ida­ham, Asisten  Perekonomian Wah­yudi,  Kadis Pertanian  Edi Gunawan, Kabag Humas Zulfikar, Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat  Fatimah Syam mengatakan, untuk menjaga kontinuitas  produksi   dan memiliki  pasar  yang jelas, jangan sampai terjadi  kelebihan  produksi  yang  akan me­rugikan pelaku usaha.

“Pengembangan  jamur  tiram   tidak membutuhkan modal besar dan bisa dilakukan oleh  para  ibu rumah tangga di  waktu  senggang.  Saat  ini   pe­luang  usaha  jamur  tiram  sangat   be­sar  mengingat   tingginya  kebutu­han  jamur  namun pasokan masih ter­batas. Yang terpenting produksi ter­atur dan terjual,“ kata Idaham.

Pemko Binjai juga  akan memberi­kan bantuan  dua unit  mesin peng­gorengan  vacuum frying kepada pengusaha jamur. “Dengan alat  ini jamur tiram bisa diolah menjadi keripik yang renyah dan pemasarannya  pun lebih mudah,” tambah Idaham.Fauzi Pardede | Binjai | Jurnal Medan
sumber : http://medan.jurnas.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *