HOTEL DI BERASTAGI DAN PARAPAT TERISI PENUH

Medan, 29/12 (ANTARA) – Kamar hotel berbintang dan non bintang di daerah tujuan wisata Parapat dan Berastagi, Sumatera Utara, untuk malam Tahun Baru 2012 sudah habis dipesan pelanggan.

“Pada libur Natal lalu juga terisi penuh,” kata pemilik Hotel Sibayak, Berastagi, Dickson Pelawi, di Medan, Kamis.

Pesanan sudah dilakukan warga sejak awal hingga pertengahan Desember.

Pada libur Natal, kamar sudah penuh sejak tanggal 24, 25 dan 26 Desember, sedangkan untuk tahun baru, pesanan sudah penuh mulai 30 dan 31 Desember 2011 serta 1 Januari 2012.

General Manager Hotel Niagara, Parapat, Cahyo Pramono, mengatakan, rata-rata hotel di Parapat sudah penuh sejak tanggal 24-31 Desember dan 1 Januari 2012.

“Selalu begitu hampir setiap tahun. Pesanan kamar hotel meningkat drastis di libur Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Menurut dia, tahun ini, hunian hotel yang banyak di hotel berbintang itu juga akan terjadi di hotel non bintang karena bertepatan pada akhir tahun ini ada kegiatan Pesta Danau Toba.

“Kalau ada manajemen hotel yang menaikkan harga jual kamarnya, saya kira wajar saja, tetapi dipastikan tidak ada yang berani menaikkan secara signifikan karena persaingan juga ketat,” katanya.

Cahyo menegaskan, secara rata-rata, hunian hotel berbintang di Parapat tahun ini sedikit lebih membaik dari tahun lalu.

“Mungkin kalau tidak terimbas krisis di AS dan Eropa, hunian hotel tahun ini bisa semakin tinggi,” katanya.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut, Solahuddin Nasution, menyebutkan, sejalan dengan peningkatan pesanan tiket ke luar provinsi dan bahkan luar negeri, kunjungan wisatawan mancanagera (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus) ke Sumut akhir tahun ini juga naik.

Tetapi dibandingkan wisman, peningkatan kedatangan wisnus, kelihatan lebih banyak yang tercermin dari pesanan perjalanan wisata maupun hunian kamar hotel yang cenderung diisi wisnus.

Jumlah wisman pada Januari-Oktober 2011 naik 12,54 persen dari periode sama tahun lalu atau mencapai 175.153 orang. Wisman bisa dinaikkan lagi kalau infrastruktur memadai,” katanya. ***5***
(T.E016/B/B012/B012)(Ant)

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *