USAI NATAL, SITUASI PAPUA KONDUSIF

JAYAPURA – Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Papua dan Papua Barat usai perayaan hari Natal secara umum aman dan kondusif. Polda Papua menegaskan tidak ada kejadian yang menonjol pada saat atau sesudah perayaan Natal di Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Wachyono mengatakan secara umum situasi kamtibmas di Papua, yang meliputi Provinsi Papua dan Papua Barat, pada perayaan Natal aman dan kondusif. Saat pengamanan Natal, termasuk pengamanan menyambut 2012, diterjunkan 1.800 personel.

Di tempat terpisah Kabag Ops Polresta Jayapura Kompol Junoto mengatakan secara khusus situasi di Kota Jayapura aman dan tidak ada kejadian menonjol.

Saat pengamanan Natal, Polresta Jayapura hanya mengintensifkan menertibkan kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot racing, termasuk miras dan senjata tajam. Soal angka kriminalitas menurutnya tidak ada perubahan, sama seperti hari-hari biasanya.

Sementara itu Polda Papua juga mengimbau masyarakat di Papua, khususnya pengendara roda dua dan empat, agar tidak kebut-kebutan di jalan dalam merayakan pergantian tahun sekaligus menyambut tahun baru 2012.

“Saya mengimbau agar dalam merayakan tutup tahun supaya memperhatikan keamanan diri dan lingkungan, serta hindari kebut-kebutan di jalan,” tegas Wachyono.

Selain tidak kebut-kebutan, Polda Papua juga meminta masyarakat tidak menggelar pesta minuman keras (miras) dan tetap menjaga ketertiban dan kemanan di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Hal itu disampaikan mengingat adanya kasus kecelakaan lalu lintas di depan Pelabuhan Mesran, Jalan Koti, Distrik Jayapura Utara, yang mengakibatkan dua pengendara meninggal dunia seketika di lokasi kejadian, pada perayaan Natal 25 Desember.

“Pada perayaan Natal, hanya kasus kecelakaan lalu lintas di depan Mesran yang menonjol, di mana dua warga yang mengendarai sepeda motor meninggal setelah motornya menabrak mobil pikap. Karena itu masyarakat diminta tidak kebut-kebutan di jalan dalam menyambut tahun baru,” tuturnya.

Junoto mengemukakan, selain kecelakaan di depan Taman Mesran, terdapat kecelakaan lalu lintas lainnya, seperti di Pondok Ria, PTC, Saga, dan Muara Tami.
sumber: http://www.sinarharapan.co.id

This entry was posted in Berita, Berita Pilihan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *