INDONESIA AKAN ALAMI ERA LANJUT USIA

Yogyakarta (ANTARA News) – Indonesia akan mengalami era lanjut usia pada 2030 karena saat ini penduduk berusia kerja atau produktif berjumlah 151 juta jiwa, kata peneliti dari Institute of Southeast Asian Studies Singapore Evi Nurvidya Arifin.

“Dengan penduduk usia kerja atau produktif sebanyak itu bisa dibayangkan berapa jumlah lanjut usia di Indonesia sebentar lagi. Lanjut usia merupakan usia yang sudah tidak produktif,” katanya dalam diskusi Migration and Violence in Indonesia di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Selasa.

Padahal, menurut dia, semakin tua seseorang akan semakin tinggi kebutuhan hidupnya, termasuk hal ekonomi. Mereka juga menjadi sakit-sakitan.

Hal itu harus diperhatikan pemerintah dalam mengambil kebijakan demi kesejahteraan penduduk Indonesia.

Dia menyebutkan, angka harapan hidup di Indonesia semakin tinggi, namun di sisi lain masa pensiun pegawai “hanya” 55-60 tahun.

“Orang Indonesia bisa hidup sampai usia 80 tahun. Hal itu tentu saja harus menjadi bahan evaluasi bagi kebijakan pemerintah” kata Evi.

Dia menilai masa pensiun diberikan mestinya ditentukan berdasarkan produktivitas kerja, bukan berdasarkan usia yang disebutnya malah menambah beban masyarakat.

“Selama ini masyarakat menganggap lanjut usia sebagai beban, padahal seharusnya lanjut usia juga dapat menjadi produktif bagi negara,” katanya.(*)(Ant)

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *