PEMPROVSU DINILAI BELUM PEDULI PERTANIAN

MEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dinilai belum memiliki kepedulian dalam meningkatkan pertanian karena mengalokasikan anggaran yang sangat minim sehingga kurang memaksimalkan upaya meningkatkan ketahanan pangan.

“Anggarannya tidak sampai tiga persen,” kata Wakil Ketua PDI Perjuangan Sumut Jantoguh Damanik dalam konferensi pers repleksi akhir tahun di Medan.Bahkan, Pemprov Sumut juga terkesan kurang mampu mengomunikasikan penyediaan anggaran untuk pertanian tersebut ke pemkab/pemkot di provinsi itu.

“Di kabupaten/kota, anggaran untuk pertanian di bawah dua persen,” kata Wakil Ketua PDI Perjuangan Sumut Bidang Pertanian, Perikanan dan Kelautan.Ia mengatakan, kurangnya perhatian Pemprov Sumut tersebut juga dapat dilihat dari minimnya perbaikan terhadap infrastruktur jalan yang sering dilalui petani.

Dari data yang didapatkan, hampir 60 persen infrastruktur jalan yang dipergunakan petani Sumut dalam beraktivitas mengalami kerusakan.

Kondisi itu menyebabkan berbagai hasil pertanian masyarakat, terutama buah-buahan dan sayur-sayuran sering mengalami kerusakan ketika akan dipasarkan.

“Bagaimana harganya mau bagus kalau produknya rusak,” katanya.

Sementara itu, Bendahara Fraksi PDIP DPRD Sumut Brilian Moktar mengatakan, kurangnya perhatian Pemprov Sumut itu juga dapat dilihat dari tidak adanya lembaga yang menampung hasil pertanian petani.

Pihaknya mendengarkan langsung dari petani di Kecamatan Medan Selayang, bahwa kesulitan selama ini mereka alami adalah, tidak adanya pihak pemerintah yang mau menampung hasil pertanian masyarakat.

Akibatnya, petani terpaksa menjual gabahnya dengan murah kepada pihak-pihak tertentu yang bersedia membelinya.“Gabah petani hanya dihargai Rp2.150 per Kg. Padahal harga beras di pasaran di atas Rp7.000,” katanya.

Pihaknya mengharapkan Dinas Pertanian dan Badan Ketahanan Pangan Sumut dapat merealisasikan rencana untuk membeli langsung hasil pertanian masyarakat tersebut.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *