MASYARAKAT SEKITAR PROVITNAS DIMINTA DIASURANSIKAN

MedanBisnis – Lhokseumawe. Walikota Lhokseumawe, H Munir Usman, menegaskan, seluruh proyek vital nasional (provitnas) yang beroperasi di wilayah hukum Pemko Lhokseumawe agar mengasuransikan masyarakat yang tinggal di sekitar perusahaan. Alasannya, apabila terjadi musibah disebabkan oleh operasional perusahaan, masyarakat bisa terbantu.
Hal tersebut dinyatakan walikota ketika membuka acara konsultasi publik dalam rangka studi analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) rencana kegiatan proyek Arun LNG Receiving–Hub & Regastification Terminal dan Independent Power Producer (IPP), di aula Setdako Lhokseumawe, Kamis (22/12).

“Asuransi bagi masyarakat sekitar provitnas yang beroperasi di wilayah hukum Pemko Lhokseumawe sangat penting, tujuannya apabila terjadi musibah akibat perusahaan, dan masyarakat menjadi korban, bisa sangat membantu masyarakat. Misalkan terjadi pencemaran hingga masyarakat terkena dampak sampai cacat fisik, maka asuransi bisa memberikan pertanggungannya,” katanya.
Di samping itu, tambah walikota, kelangsungan perusahaan bisa berjalan harmonis dengan masyarakat sekitar. “Tidak seperti selama ini, apabila terjadi musibah disebabkan oleh perusahaan dan masyarakat menjadi korban, yang muncul acapkali saling membela diri. Menurut versi masyarakat disebabkan oleh perusahaan, menurut versi perusahaan lain lagi, maka dibutuhkan keharmonisan antara masyarakat lingkungan perusahaan dengan perusahaan itu sendiri,” sebutnya.

Di sisi lain, diungkapkan walikota lagi, selama ini kehadiran provitnas di Lhokseumawe masih minim konstribusi langsung ke daerah. “Soalnya dari mulai pajak, pabean dan lain sebagainya semuanya diurus di Jakarta, sedangkan daerah tidak mendapat apa-apa selain hanya menunggu kucuran dari pemerintah pusat. Saya usul agar berbagai jenis pajak, biaya sandar, pabean dan lain yang terkait agar diserahkan ke daerah. Karena daerah juga membutuhkan anggaran untuk pembangunan,” tambahnya.

Dalam kegiatan itu juga turut hadir unsur manajemen PT Arun NGL Co, pihak Pertamina Persero, para pejabat Kota Lhokseumawe dan sejumlah kepala desa dan tokoh masyarakat di sekitar perusahaan PT Arun. ( sugito tassan)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Berita Pilihan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *