IKAN PORA-PORA MENGANDUNG OMEGA 3

MedanBisnis – Medan. Ikan pora-pora dari perairan Danau Toba, ternyata tidak hanya lezat, melainkan juga mengandung gizi yang cukup baik. Ikan pora-pora diyakini kaya akan Omega 3 dan sangat baik bagi pertumbuhan dan kecerdasan otak anak-anak.
“Ini kami ketahui setelah tim Kedutaan besar Republik Rakyat China (RRC) memberitahu kami tentang kandungan gizi ikan pora-pora ini. Tim Kedubes RRC itu memberitahukan hal itu kepada kami setelah sebelumnya Dubes RRC untuk Indonesia, Ibu Zhang Qiyue, mencicipi ikan pora-pora yang dihidangkan sebagai salahsatu sajian makanan saat peresmian kantor Konjen RRC di Medan pada bulan Oktober lalu,” ujar salah satu tokoh pemuda Batak, Parlin Manihuruk, melalui handphone kepada MedanBisnis, Rabu (21/12).

Parlin menyebutkan informasi yang disampaikan tim kedubes RRC itu membuat pihaknya semakin yakin kalau langkah masyarakat Batak Toba yang bergiat dalam pengembangan ikan pora-pora di Danau Toba sudah sangat tepat. Informasi itu bisa memperluas cakrawala masyarakat untuk memiliki alternatif konsumsi ikan dalam santapan sehari-hari.

Dikatakannya, selain sudah dicicipi oleh Dubes RRC Zhang Qiyue, ikan pora-pora juga sudah dibawa para calon jamaah haji asal Indonesia saat menunaikan ibadah haji. Dari informasi yang ia peroleh, ikan pora-pora yang dibawa itu dijadikan makanan tambahan khusus oleh para jamaah haji agar memiliki stamina yang baik selama menunaikan ibadah haji.

Bila dicatat, kata Parlin, sudah banyak tokoh lokal, nasional, internasional yang telah mencicipi ikan pora-pora Danau Toba seperti mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhamad, Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara (PlT Gubsu) Gatot Pujo Nugroho beserta istri, mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan yang kini menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu, anggota DPR-RI Jhonny Allen Marbun, Sekda Propsu Nurdin Lubis, Bupati Samosir Mangindar Simbolon dan lainnya.

Parlin mengatakan, ikan pora-pora yang disajikan kepada masyarakat luas dan tokoh-tokoh itu disajikan dalam bentuk penganan crispy, sehingga bisa dinikmati dengan mudah dan kelezatannya tetap terjaga. Pihaknya siap membantu pihak mana pun yang ingin mengonsumsi crispy ikan pora-pora dari Danau Toba tersebut, termasuk bila berniat menjadi tim pemasaran penjualan crispy ikan pora-pora. ( hendrik hutabarat)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *