POLISI AMANKAN PNS BINJAI BELANJAKAN UANG PALSU

Pancur Batu, (Analisa). Unit Reskrim Polsek Pancur Batu mengamankan wanita P Br S (54) warga Jalan Jamin Gintings Kecamatan Binjai Selatan, diduga menggunakan uang palsu saat berbelanja di Desa Sungai Gelugur, Kecamatan Pancur batu, Sabtu (17/12).
Informasi diperoleh di Polsek Pancur Batu, tersangka PNS di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Binjai, saat itu menumpang mobil dari Binjai dikemudikan MGM (40) warga Desa Paya Geli Kecamatan Sunggal Deli Serdang menuju Desa Sungai Gelugur Kecamatan Pancur Batu.

Menurut pengakuan tersangka pada polisi, dalam perjalanan menuju Sei Gelugur dia sempat singgah di beberapa warung membeli gula dan rokok. Saat melakukan pembayaran, dia bersama supirnya menggunakan uang palsu tukaran seratus ribu rupiah.

Kemudian tersangka singgah di warung yang dijaga Rini (20) di Desa Sei Gelugur membeli enam liter bensin untuk mengisi minyak mobil. Saat membayar uang bensin tersangka memberikan pada Rini tukaran seratus ribu rupiah, sedang harga bensin Rp 30.000.

Rini kepada wartawan saat berada di Polsek Pancur Batu sebagai saksi mengatakan, saat menukarkan uang seratus ribu itu pada kakaknya, dikatakan uang itu palsu. Rini mengembalikan uang seratus ribu itu pada tersangka..

Selain Rini, juga Diana (28) warga Desa Sei Gelugur Pancur Batu ikut jadi korban penipuan uang palsu yang dilakukan tersangka. “Semula wanita itu membeli gula pasir dan rokok sebungkus, harganya semua Rp 22 ribu dan tersangka memberikan uang tukaran seratus ribu, karena curiga saya kembalikan uang itu pada P Br S,” kata Diana saat berada di Polsek Pancur Batu.

Korban lainnya Senjata Tarigan (44), warga Dusun VI Desa Telaga Sari Kecamatan Sunggal Deli Serdang.

Menurut Senjata Tarigan, tersangka P Br S datang ke warungnya membeli gula pasir dan rokok dengan harga Rp 22 ribu, sebagai pembayarnya memberikan uang tukaran seratus ribu rupiah. Tidak berapa lama, setelah wanita itu pergi meninggalkan warung, uang Rp 100.000 itu dibelikan Senjata Tarigan ke warung lain, ternyata pemilik warung mengatakan uang itu palsu.

Mengingat penipuan, Senjata Tarigan mengejar tersangka dan akhirnya ditemukan di Desa Sei Gelugur. Itulah dasarnya Senjata Tarigan mengadu ke Polsek Pancur Batu.

Menurut penuturan P Br S kepada polisi, dia juga pernah sebagai korban penipuan uang palsu dilakukan orang lain.

Modusnya, imbuh P Br S pada polisi, dia pernah menjual kalung emas di salah satu tempat di daerah Binjai seberat 10 gram dengan harga Rp 3 juta. Setelah ia sampai di rumahnya, ketika uang itu diperiksanya ternyata sebagian uang palsu. Keesokan harinya uang palsu itu hendak dikembalikannya, ternyata sipembeli emasnya itu tidak berada di tempat. Dari pada rugi, terpaksa saya belanjakan uang palsu itu.

“Uang palsu itu saya belanjakan lagi pada orang lain untuk mengurangi beban kerugian saya pada saat menerima uang penjualan emas saya,” ujar tersangka. “Saya pasrah, mau apalagi kalau sudah begini jadinya,” tambah tersangka di ruang Kanit Reskrim Polsek Pancur Batu.

Kanit Reskrim Polsek Pancur Batu ketika dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya membenarkan telah mengamankan tersangka P br S yang diduga sebagai pengedar uang palsu tukaran seratus ribu rupiah.

Barang bukti yang disita 6 lembar uang palsu, lima lembar di antaranya tukaran seratus ribu rupiah dan satu lembar tukaran Rp 50.000 dan mobil sedan, termasuk gula dan rokok.(dr)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

1 Response to POLISI AMANKAN PNS BINJAI BELANJAKAN UANG PALSU

  1. Pingback: liberty cap mushrooms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *