BESOK, KONSINYASI LAHAN FLY OVER

MEDAN (Waspada): Proses ganti rugi pembangunan jembatan layang (fly over) Jln. Jamin Ginting  akan segera tuntas. Ditargetkan Kamis (15/12), seluruh lahan dan bangunan yang belum diganti  rugi akan dikonsinyasikan ke Pengadilan Negeri (PN) Medan.

“Hingga saat ini sebanyak 13 persil yang belum menerima ganti rugi dari 19 persil. Besok akan  kita lakukan konsinyasi ke PN,” kata Kepala Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan Kota Medan  Sampurno Pohan kepada Waspada diselasela pembukaan pasar murah di lapangan Kelurahan Kwala  Bekala, Kecamatan Medan Johor, Selasa (13/12).

Menurut Sampurno, dari 13 persil lahan warga yang belum diberi ganti rugi, beberapa di  antaranya disebabkan proses ahli waris yang belum tuntas. “Kebanyakan persil itu terkendala  karena urusan ahli waris yang belum tuntas,” ujarnya seraya menambahkan, batas akhir  pembayaran ganti rugi lahan sudah ditetapkan tanggal 15 Desember mendatang.

Hal senada dikatakan Lurah Kwala Bekala Enoh P Taviv. Menurutnya, hingga saat ini masih ada  13 persil yang belum diganti rugi. “Dari 13 persil itu, lima di antaranya merupakan bangunan  dan selebihnya lahan kosong,” jelasnya.

Sebelum konsinyasi dilakukan ke Pengadilan Negeri Medan, pihaknya masih tetap berupaya  melakukan pendekatan terhadap warga. “Kita tetap mendorong warga agar segera menuntaskan  dokumen lahannya hingga batas akhir proses ganti rugi. Kita targetkan, sebelum konsinyasi,  lahan yang belum dibebaskan itu tinggal di bawah 10 persil,” tambahnya.

Kendala 13 persil yang belum diganti rugi bukan hanya disebabkan masalah ahli waris, tapi ada  juga sebagian yang masih dalam proses persengketaan dan belum tuntas. Kondisi inilah yang  mengakibatkan proses ganti rugi terhadap 13 persil lahan masih sulit.

“Jika proses persengketaan tidak kunjung tuntas hingga Kamis mendatang, maka kita  konsinyasikan ke pengadilan. Dari 13 persil itu memang tidak semua yang bermasalah sengketa,  makanya kita targetkan sebelum konsinyasi, lahan yang belum diganti rugi itu tinggal di bawah  10 persil lagi,” demikian Enoh. (m50)
sumber: http://waspadamedan.com

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *