KBR KASAH NDUMA HASILKAN BIBIT KARET DAN SENGON

MedanBisnis – Pakpak Bharat. Kebun Bibit Rakyat (KBR) Kasah Nduma pada akhir Januari akan menghasilkan bibit karet dan sengon dengan total keseluruhan  mencapai 50 ribu batang.
Ketua kelompok Tani KBR Kasah Nduma Parulian Berutu kepada MedanBisnis, Sabtu (10/12) menyebutkan, KBR ini merupakan program dari Kementrian Kehutanan yang  dikelola langsung oleh masyarakat dengan membentuk kelompok tani.

Seperti KBR Kasah Nduma  di Dusun Lae Mbalno ini terbentuk dari 15 anggota dengan target bibit yang diharus dihasilkan yaitu bibit karet 25 ribu batang dan sengon 25 ribu batang. “Dan untuk mencapai target tersebut kita telah menyiapkan bibit karet sebanyak 28 ribu serta bibit sengon 30 ribu batang guna mengantisipasi kekurangan target bibit. Nantinya bibit yang dihasilkan oleh KBR dibagikan kepada anggota kelompok sesuai dengan lahan yang telah mereka sediakan untuk ditanami,” jelasnya.

Sisanya lanjut Parulian akan ditanami pada Daerah Aliran Sungai (DAS) serta di pinggiran jalan yang rawan longsor. “KBR Kasah Nduma  dengan luas lahan pembibitan 0,16 hekatere menyediakan 28 ribu polibag dengan tingkat tumbuh bibit mencapai 97 persen dan yang tidak tumbuh telah kita lakukan penyisipan,” papar Parulian. ( ck 03)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *