DPRD LANGKAT PRIHATIN, MASIH ADA SD HANYA MILIKI SEORANG GURU

Salapian, (Analisa). Sejumlah sekolah di Kecamatan Kutambaru kekurangan tenaga guru. Bahkan, di sekolah dasar di Desa Buluh Kumpal, seorang guru harus mengajar enam kelas akibat kurangnya guru di sekolah itu.
Hal itu terungkap dalam dialog masyarakat dengan anggota DPRD Langkat saat melakukan reses di Aula Kantor Kelurahan Pekan Tanjung Langkat, Jumat(9/12).

“Kami orangtua cukup prihatin dengan kondisi sekolah di Desa Buluh Kumpal, yang hanya memiliki seorang guru dan kepala sekolah,”ujar Sutrisno.

Setiap hari murid mendapatkan pelajaran dari seorang guru dan terkadang dibantu kepala sekolah, katanya.

Akibat minimnya tenaga guru di sekolah itu, Sutrisno sangat mengkuatirkan kualitas muridnya.

“Mana mungkin pendidikan dapat berjalan baik dan murid memperoleh pengetahuan bila hanya diajar seorang guru,” ucapnya.

Sutrisno menilai, pemerintah kurang memperhatikan kualitas pendidikan murid di sekolah itu, terutama di desa-desa terpencil. Karenanya, dia berharap pemerintah dapat menempatkan tenaga pendidik secara merata di seluruh sekolah di Langkat.

Anggota DPRD Langkat H Rahmanuddin Rangkuti SH M.Kn prihatin dengan kondisi sekolah itu.

“Bagaimana murid bisa pintar, bila hanya seorang guru yang mengajar di satu sekolah,” ungkap Rahman.

Politisi dari Partai Gerindra ini mengatakan,berdasarkan pantaunya selama ini banyak tenaga pengajar yang terkosentrasi di sekolah-sekolah yang tidak jauh dari ibu kota kecamatan.

Bahkan, lanjut Rahman, banyak sekolah dasar yang tenaga pendidiknya melebihi kuota sekolah. Akibatnya, sekolah-sekolah yang berada di desa terpencil minim tenaga pengajar.

Rahman berharap, Dinas Pendidikan dan Pengajaran Langkat untuk dapat secepatnya melakukan perbaikan di bidang tenaga pengajar di semua sekolah dasar di Langkat, agar seluruh sekolah dapat memiliki tenaga pengajar yang cukup.

“Dinas Pendidikan dan Pengajaran diminta secepatnya melakukan perbaikan dalam menata penempatan tenaga pengajar di seluruh sekolah hinga tidak ada lagi tenaga pengajar yang tumpang tindih,” sebutnya.

Reses itu, selain dihadiri anggota DPRD Langkat dari daerah pemilihan IV antara lain, H Rahmnuddin Rangkuti, Edi Bahagia, Malem Ukur, Arifin, Ralin Sinulingga, Sri Wana Kaban dan juga dihadiri Camat Kutambaru Romarlan Harahap dan Camat Salapian Ngadi.(als)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *