PRODUK KERAMIK LANGKAT TEMBUS PASAR EROPA

MedanBisnis – Medan. Selama tujuh tahun memasarkan produknya mulai dari Aceh dan sebagian dari di Sumut, kini Langkat Keramik mulai merambah pasar Eropa dan untuk pertama kalinya mengekspor barang dengan negara tujuan Krosia.
Pemilik Langkat Keramik Djamilah, mengatakan, dalam waktu dekat ini akan mengekspor barang ke Krosia dengan jumlah sebanyak 1.100 buah keramik dengan jenis yang berbeda-beda.
“Pengiriman keramik Langkat ini dilakukan mulai dari negosiasi, pengepakan hingga ekspor ke Krosia dengan nilai ekspor berkisar US$ 60.000 atau setara dengan Rp540 juta dan hal ini merupakan langkah awal untuk mengembangkan usaha ini ke pasar internasional,” katanya kepada MedanBisnis, Rabu (8/12).

Diakuinya, sejak bergabung bersama Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sumut pada 2008 lalu, hasil produknya sering diikutsertakan dalam pameran tingkat nasional maupun internasional. Dan beberapa waktu lalu, pihaknya mengikuti pameran UKM di Hongkong.
Dari hasil mengikuti pameran, beberapa negara banyak yang berminat terhadap keramik produksi Langkat ini termasuk dari negara Krosia yang bekerjasama dengan Langkat Keramik untuk mengekspor barang.

Sebelumnya, Langkat Keramik telah mengekspor barang ke Malaysia, Hongkong, Kolumbia, dan beberapa negara lainnya. Dijelaskan Djamilah, bumi Langkat kaya dengan bahan baku yang diperuntukkan untuk membuat porselen maupun gerabah yang jika diolah akan memberikan keuntungan bagi para pengrajinnya.

“Kualitas tanah disini sangat baik, hanya mencampurnya dengan kaolin maka akan dihasilkan produk yang berkualitas, dan dari campuran tersebut telah tercipta porselen untuk vas bunga, tempat sabun, alat-alat minuman, dan berbagai bentuk lainnya yang membuat ketertarikan dari pengusaha luar negeri yang ingin memiliki produk kami,” jelas Djamilah ketika ditemui di galerinya Langkat Keramik, Jalan Sei Serayu No 117 Medan.

Diakuinya, yang membuat ketertarikan dari masyarakat akan hasil produknya adalah harganya yang cukup terjangkau, mulai dari Rp5.000 per buah hingga jutaan rupiah tergantung bentuk dan kualitas keramiknya.

Lebih lanjut, dikatakannya, dengan mengerahkan sebanyak 15 orang perajinnya, maka pembuatan desain gerabah yang diproduksinya mencapai ribuan jenis.

Ketika ditanyakan soal bahan baku, Djamilah mengaku, bahwa Langkat tidak kekurangan bahan baku dan hasilnya tidak kalah dengan keluaran dari Jawa Barat. Bahkan, tanah liatnya lebih halus di Langkat daripada di Jawa.

Selain kualitas yang terjamin, banyak konsumen yang menyukai produk Langkat Keramik karena desainnya yang mempertahankan ornamen Melayu Langkat yang menjadi dominasi motif sejumlah guci, vas, patung dan barang-barang antik lainnya.

Ornamen tersebut sengaja dipilih karena Langkat merupakan daerah Melayu yang memiliki spesifikasi ornamen tersendiri, dibandingkan dengan daerah-daerah Melayu yang ada di pulau Sumatera. Spesifikasi ornamen itu pun dipercaya mengantar produk-produknya menembus pasar Eropa.

Kini, keramik gerabah produksi Langkat Keramik ini menunjukkan bahwa tanah liat Langkat dapat diolah untuk dijadikan keramik yang diminati oleh negara luar, dan sudah dibuktikan untuk ekspor perdana Langkat Keramik ke Krosia.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Propinsi Sumut, Jonni Pasaribu mengatakan, berbagai cara akan dilakukan untuk mengembangkan hasil produksi para pelaku UKM dan salah satu cara yang dilakukan dengan mengikutsertakan mereka dalam berbagai acara pameran UKM baik tingkat nasional maupun internasional.

“Dengan memberdayakan para pelaku UKM, maka akan tercipta lapangan kerja dan pengangguran akan berkurang. Selain itu, dengan meretas langkah untuk mengekspor barang menjadikan Langkat Keramik diminati pangsa Internasional,” katanya.  ( daniel pekuwali)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Berita Pilihan. Bookmark the permalink.

2 Responses to PRODUK KERAMIK LANGKAT TEMBUS PASAR EROPA

  1. Pingback: Replica watches uk rolex

  2. Pingback: order oxycodone acetaminophen pills 5mg 15mg 30mg overnight delivery in usa canada uk australia cheap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *