KOPI DUKUNG PEREKONOMIAN DAN PARIWISATA SUMUT

Medan, (Analisa). Potensi kopi Sumut sangat besar untuk dikembangkan. Kopi bukan hanya sekadar minuman biasa bagi masyarakat, namun juga merupakan ‘alat’ yang dapat mendongkrak perekonomian Sumut dan sektor pariwisata. Itu dibuktikanya dengan tersohornya kopi asal Sumut sampai manca negara.
“Kopi merupakan salah satu sarana pendukung pariwisata di banyak negara dunia..Saat ini kopi sudah menjadi suguhan wajib bagi restoran, café, dan hotel di dunia. Posisi kedudukan pentingnya kopi bagi masyarakat dunia merupakan yang tertinggi kedua setelah bahan bakar minyak dan gas . Kopi memiliki nilai politis strategis bagi negara-negara Eropa dan Amerika,” kata Hendro Setyobudi, pengusaha kopi kepada wartawan, Kamis (8/12) sore di sela talkshow ‘Kopi Andalan Kuliner Medan’.

Talk show yang juga menampilkan nara sumber Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Medan, Busral Manan dengan moderator Cahyo Pramono, yang juga Koordinator Humas PDT 2011, digelar sebelum acara puncak, launching PDT 2011.

Hendra mengatakan, salah satu alasan negara-negara Eropa melakukan penjajahan adalah karena ingin mendapatkan kopi. “Begitu pentingnya kopi bagi negara-negara Eropa maka ini merupakan potensi bagi wilayah Sumut untuk dikembangkan,” ujar Hendra seraya menyebutkan sebuah riset melansir setiap harinya masyarakat dunia mengomsumsi 1,5miliar cangkir kopi dengan asumsi 1 cangkir kopi setara dengan 25gram kopi.

Menurutnya, kopi Sumut merupakan salah satu kopi terbaik dunia yang banyak dicari. Kopi Sumut memiliki kekhasan rasa dan kualitas yang berbeda dibandingkan dengan kopi negara Afrika atau Amerika Selatan.

Gaung Kopi

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Medan, Busral Manan dalam sambutannya mengatakan, Medan bukan hanya punya bika ambon yang bisa dikembangkan, namun juga punya kopi. Sepuluh tahun lalu gaung kopi di kota Medan cukup terdengar, namun belakangan, tanpa ada alasan jelas, gaung kopi seakan melemah. Oleh karenanya, pemerintah kota Medan berharap kejayaan kopi akan kembali terjadi.

Ia yakin potensi wisata Kota Medan dan Sumut terus berkembang dengan munculnya berbagai lokasi-lokasi minum kopi yang nyaman bagi pengunjung.

Dapat Dikembangkan

Di lokasi terpisah, Ketua Umum Panitia PDT 2011, Jhon Hugo Silalahi menambahkan, komoditas kopi dapat dikembangkan lebih luas lagi menjadi bagian dari potensi wisata andalan di Sumatera Utara. Karena masyarakat lokal luar Sumut dan sebagian turis asing yang datang ke Sumut selalu tak melewatkan untuk minum kopi saat mengujungi destinasi wisata di provinsi ini.

Jhon Hugo Silalahi menambahkan, komoditas kopi juga tak bisa tak dipisahkan dari sektor pariwisata. Karena komoditas kebangaan beberapa masyarakat di kawasan kabupaten/kota di Sumatera Utara selalu saja disajikan di hotel-hotel, café, restoran dan lokasi-lokasi pariwisata di Sumut. Tak terkecuali di penyelenggaran Pesta Danau Toba 2011 yang diyakini dipadati pengunjung dan menjadi perhatian dunia wisata internasional. (rrs)
sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Berita Pilihan, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

2 Responses to KOPI DUKUNG PEREKONOMIAN DAN PARIWISATA SUMUT

  1. Pingback: weed strains for sale

  2. Pingback: Glo Extracts Dank sinatra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *