DINKES PAKPAK BHARAT GELAR PENYULUHAN PIRT

Dinas Kesehatan Pakpak Bharat menggelar penyulu­han Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT). Selain mening­katkan produksi industri ru­mah tangga, kegiatan tersebut sekaligus menjelaskan per­syaratan yang harus di­penuhi tentang penanganan ba­han pangan di seluruh mata rantai produksi pangan mulai bahan baku sampai produksi akhir.

“Dengan mengikuti pe­nyu­luhan, peserta akan memperoleh sertifikat. Ini merupakan salah satu persyaratan untuk memperoleh izin in-dustri rumah tangga,” kata Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi  Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Medan, Yulius Sacramento Tarigan,  Rabu (7/12).

Menurut Yulius yang juga nara sumber pada penyuluhan itu, kegiatan ini untuk menghasilkan pangan yang layak, bermutu, aman dikonsumsi dan sesuai dengan tuntutan konsumen domestik dan internasional.

Sedangkan tujuan khu­sus, memberikan prinsip da­sar dalam memproduksi pa­ngan yang baik, juga menga­rah­kan ibu rumah tangga agar dapat memenuhi persyaratan produksi yang baik, seperti persyaratan lokasi, bangunan dan lainnya.

Acara tersebut dihadiri 25 peserta pelaku peroduksi in­dustri rumah tangga  yang ber­asal dari beberpa kecama­tan. Yakni Kecamatan Kera­jaan,  Tinada,   Siempat Rube,  Sa­lak dan  Pergeteng-geteng Sengkut, meliputi pelaku produksi tahu, kripik, kopi bubuk dan nenas.

Kadis Kesahatan Pakpak Bharat Dr Tomas saat membuka acara menegaskan, para pelaku PIRT harus serius mengikuti penyuluhan karena program ini sangat ber­manfaat untuk meningkatkan pengetahuan di bidang industri sebagai sarana pendong­krak perekonomian rumah tangga.

Sementara, Kabid Bina Farmasi dan Pangan Dinkes Pakpak Bharat Ida Ariati Banurea menjelaskan, penyuluhan tersebut untuk memberikan tata cara pengurusan izin usaha dan persyaratan produksi agar pengolahan mendapat sertifikasi hygiene serta layak dipasarkan.

Penyuluhan tersebut diisi oleh pemateri yang didatang­kan dari Provsu, yakni Kabit Sertifikasi dan Layanan Infor­masi Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Imbius Sacramento Tarigan.
sumber:http:// medan.jurnas.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *