2012, DOKTER WAJIB DI PUSKESMAS

Semua dokter yang selesai kuliah wajib bertugas di ru­mah skit dan puskesmas di kabupaten/kota selama satu tahun. Ini terhitung mulai Januari 2012 sesuai Surat Ke­putusan (SK) Menteri Kese­hatan RI.

Berkaitan dengan itu, se­ba­nyak  200 dokter jebolan Uni­versitas Sumatera Utara (USU) sudah dipersiapkan un­tuk kewajiban terbaru tersebut. “Kita sedang mempersipakn program tersebut. Seki­tar  200 dokter alumnus USU akan dikerahkan. Karena USU memiliki sistem pembelajaran Kurikulum Berbasis Kom­petensi (KBK),” ucap Sekre­taris Umum IDI Sumut dr Ade Taufiq SpOG, Senin (5/12).

Ada sekitar 60 dokter dari seluruh kab/kota di Sumut yang sudah dilatih di Jakarta. “Akan ada dokter-dokter dari seluruh Indonesia bakalan mendampingi dokter yang akan ditempatkan,” imbuh Ade yang juga sebagai ketua divisi dokter pendamping.

Dokter yang diberikan pe­la­tihan itu, tambahnya, me­ru­­pakan dokter umum yang sudah memiliki Surat Tanda Registerasi dan mempunyai izin praktek dari IDI. “Diha­rapkan penempatan dokter muda ini akan membantu pelayanan di rumah sakit  dan puskesmas,” pungkasnya.

Terpisah, Kadis Kesehatan Sumut dr Candra Syafei SpOG menjelaskan SK Menkes RI pada Jurnal Medan di ruang kerjanya. “Ini merupakan SK Menkes RI untuk seluruh pro­vinsi dimana sebagai sub komitenya berasal dari dekan fakultas kedokteran, asosiasi rumah sakit daerah dan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI),” ujarnya.

Penentuan lokasi dokter, lanjut Kadis Sumut, akan ditentukan oleh Komite Internsif Dokter Indonesia (KIDI). “Ini merupakan program baru bagi dokter yang baru tamat dan wajib, tidak boleh memilih selama 1 ta­hun. Setelah itu baru bebas memilih apakah akan meng­ambil spesialis atau tidak,” terangnya.
sumber:http:// medan.jurnas.com

This entry was posted in Berita, Berita Pilihan, Informasi Penting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *