10 NEGARA TERKAYA DUNIA BERDASAR PDB PER KAPITA

Jakarta, (Analisa). Krisis ekonomi tengah melanda sejumlah negara di dunia, namun ada sejumlah negara yang mampu bertahan dengan kemakmurannya.

Berikut adalah daftar 10 negara terkaya berdasarkan produk domestik brut0 (PDB) per kapita, yang dirilis oleh Business Insider dan diberitakan uk.ibtimes.co.uk, Senin (5/12):

1. Qatar

Qatar menduduki peringkat teratas sebagai negara terkaya di dunia. Dengan total penduduk 1,69 juta jiwa, negara di semenanjung Arab ini memiliki PDB per kapita sebesar US$91.379. Produk utama negara ini adalah minyak mentah dan industri penyulingan memainkan peran penting bagi industri negara ini.

2. Luksemburg

Luksemburg adalah negara terkecil di Eropa, namun punya dua kebanggaan utama, yakni memiliki bahasa sendiri dan PDB per kapita sebesar US$89.562. Dengan jumlah total 0,51 juta jiwa, penduduk Luksemburg menggunakan tiga bahasa, yakni Prancis, Jerman, dan bahasa Luxembourgish. Industri utama negara ini adalah perbankan, pelayanan keuangan, serta besi dan baja.

3. Uni Emirat Arab (UAE)

UAE dikenal – salah satunya – dengan pusat perbelanjaan terbesar di dunianya, yakni The Dubai Mall. Negara ini dibentuk oleh 7 kerajaan kecil (emirat), diperintah seorang presiden, dan memiliki PDB per kapita US$57.744. Berpenduduk 8,26 juta jiwa, UAE memiliki industri utama seperti perminyakan, petrokimia, aluminium, dan semen.

4. Norwegia

Norwegia adalah salah satu dari sedikit negara dunia yang masih diperintah oleh monarki. Dengan PDB per kapita US$56.920, negara ini memiliki sejumlah perekonomian penting seperti perminyakan dan gas alam, sejumlah produksi barang lain. Negara ini memiliki penduduk sebanyak 4,97 juta jiwa.

5. Singapura

Singapura adalah negara perdagangan penting di Asia Tenggara dengan penduduk 5,07 juta jiwa. Negara ini memiliki PDB per kapita sebesar US$56,797 dengan industri utama di sektor elektronik, kimia, dan jasa keuangan.

6. Amerika Serikat

PDB per kapita Amerika Serikat mencapai US$47.084 dengan jumlah penduduk 310 juta jiwa. Industri utama adalah perminyakan, baja, dan otomotif.

7. Swiss

Swiss dikenal dengan berbagai penemuannya, pisau Swiss Army, dan coklatnya. Namun, sebenarnya negara ini merupakan tempat yang nyaman untuk investasi. Swiss memiliki PDB per kapita US$46.424 dengan populasi 7,86 juta jiwa. Industri utamanya adalah turisme, permesinan, dan kimia.

8. Belanda

Saat ini Belanda diketahui memiliki tingkat pengangguran yang rendah dengan PDB per kapita sebesar US$42.447 dengan jumlah penduduk 16,68 juta jiwa. Sektor ekonomi terpenting adalah pertanian, metal, dan produk rekayasa.

9. Irlandia

Meski menjadi salah satu negara Eropa yang awal-awal terkena krisis ekonomi, Irlandia masih memiliki PDB per kapita sebesar US$39.999 dengan populasi 4,58 juta jiwa. Industri utama adalah metal, pangan, dan tekstil.

10. Austria

Austria menempati urutan ke-10 negara terkaya dengan PDB per kapita sebesar US$39.711. Dengan penduduk 8,41 juta jiwa, industri utama negara ini adalah konstruksi, pangan, dan metal. (Ant/ipot/IntrNews)                                                                               sumber: http://analisadaily.com

This entry was posted in Berita, Berita Pilihan, Informasi Penting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *