EKSPOR SAYUR DAN BUAH KARO KE SINGAPURA CAPAI 10%

MedanBisnis – Medan. Sekira 10% produk hortikultura berupa sayur-mayur dan buah-buahan yang dihasilkan petani di Kabupaten Karo Propinsi Sumatera Utara (Sumut) diekspor ke Singapura.
Staf Informasi Pasar Dinas Pertanian Sumut, Zainal Abdi, kepada MedanBisnis, Senin (28/11) di Medan, mengatakan, Sumut merupakan salah satu pemasok utama sayur dan buah nasional selain Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

“Dengan jumlah produksi sayur dan buah yang cukup besar dari Sumut, Indonesia pernah menguasai pasar Singapura tahun 80-an dan mencapai kisaran 30% dari kebutuhan di negara itu,” katanya.

Namun, lanjut Zainal, adanya saingan dari negara lain seperti China, Vietnam, Taiwan, dan Malaysia, dominasi Indonesia menurun hingga 6,5%. Salah satu penyebabnya adalah ketidakmampuan pengusaha sayur dan buah dalam menjaga standar mutu, khususnya kesegaran produk yang diinginkan pasar Singapura.

“Berdasarkan informasi yang didapatkan dari pengusaha sayur dan buah Singapura, produk sayur dan buah Sumut sebenarnya cukup diminati karena memiliki cita rasa yang lebih memuaskan.

Dengan keunggulan cita rasa tersebut, Sumut tinggal mencari upaya agar produksi sayur dan buah yang banyak terdapat di tanah air dapat dijual dengan harga yang lebih bersaing,” katanya.

Berdasarkan penelitian selama ini, ucap Zainal, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan produksi sayur dan buah Indonesia kurang diminati, seperti kendala infrastruktur jalan dalam distribusi produk dan kelambatan dalam pelayanan pelabuhan. “Singapura termasuk pasar yang sangat susah. Itu disebabkan mereka ingin penuhi standar mutu,” ujarnya.

Untuk mengatasi masalah itu, pemerintah sedang melakukan perbaikan seperti penambahan “crane” atau tiang peti kemas untuk mempercepat distribusi sayur dan buah ke kapal pengangkut. ( cw 03)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *