PULUMUN GINTING DKK GEBRAK UNIVERSITAS LEIDEN DENGAN GENDANG KARO

SEMPANA. LEIDEN. Setelah sukses menampilkan musik, tari dan lagu tradisional Karo di Van Gogh House, Zundert (Nederland) 27 November 2011 lalu, kelompok seni tradisional Karo yang dibentuk dadakan oleh Dr. Clara Brakel dari Universitas Leiden akan tampil lagi 2 Desember 2011 ini. Kali ini, kelompok yang dipimpin oleh Pulumun Ginting ini akan tampil di LAK Theater Universitas Leiden (Nederland).

Pulumun’s Concert, nama kelompok yang dibentuk dadakan ini, didukung oleh Dr. Clara Brakel (ketteng-ketteng), Daniella (ketteng-ketteng), Esmiralda (gung dan penganak), Nelly Sembiring (vokal dan tari) dan Juara R. Ginting (vokal, tari dan kulcapi). Pulumun sendiri akan memainkan surdam, belobat/baluat, kulcapi, sarune dan gendang singindungi serta menyanyikan lagu masu-masu.

Penampilan di LAK Theater dirangkaikan dengan penampilan dari daerah-daerah lain (a.l. Batak, Sunda, Jawa dan Bali) yang dibawakan secara perorangan oleh para peserta program sandwich dari Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Indonesia untuk melakukan penelitian singkat di Universitas Leiden. Pulumun adalah salah seorang diantara 18 peserta program ini. Dia beruntung memiliki kenalan Juara dan Nelly yang dapat memberinya dukungan menampilkan tradisi lisan Karo secara lebih lengkap dibandingkan para peserta lainnya. Selain Juara dan nelly, Pulumun juga didukung oleh 3 orang Belanda (Clara, Daniella, Esmiralda) untuk memainkan alat-alat musik tradisional Karo.

Ketika ditanya mengenai penonton, Dr. Clara Brakel yang juga organisator pertunjukan mengatakan, ruangan pertunjukan akan dipenuhi penonton. Tidak ada lagi tempat duduk yang kosong karena semua bangku telah dipesan oleh penonton.
sumber : http://www.sorasirulo.net

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *