BUPATI SEKAWASAN DANAU TOBA DIMINTA TINGKATKAN KERJASAMA

MEDAN – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho mengajak segenap pemangku kepentingan, khususnya para pimpinan daerah yang berada di sekitar kawasan Danau Toba, untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam pelaksanaan berbagai program penataan dan pembangunan kawasan.

“Danau Toba sebagai aset nasional bernilai tinggi  telah ditetapkan sebagai kawasan strategis nasional, sehingga perlu dikelola dengan bijaksana sehingga dapat mensejahterakan masyarakat sekitar dengan tetap menjaga kelestariannya,” kata Gatot dalam acara Toba Go Green di Kecamatan Tampahan, Lintong Ni Huta, Balige, hari ini.

Gatot menuturkan, pelaksanaan Toba Go Green  yang dimotori oleh Kodam I Bukit Barisan sangat strategis dalam menjaga kelestarian lingkungan sekaligus memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar melalui produk tanaman kelak.

“Kami menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Kodam I Bukit Barisan, melalui program Toba Go Green ini tentunya menjadi spirit, bagi kami Pemerintah Provinsi dan seluruh Pemkab yang ada di sekitar Danau Tobauntuk tetap komit melestarikan kawasan tangkapan air Danau Toba,” unhkapnya.

Oleh karena itu, Gatot meminta tujuh bupati yang berada di sekitar Danau Toba dapat meningkatkan kerjasama pembangunan kawasan Danau Toba dalam berbagai sektor, antara lain pariwisata, penghijauan dan pengembangan ekonomi secara umum.

Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan pula penyerahan berbagai bantuan Pemprov Sumut dan berbagai organisasi masyarakat dalam bentuk bibit pohon, benih, pupuk, peralatan, bibit ikan dan beras.

Seperti diketahui, Danau Toba merupakan Danau Vulkanik terbesar di dunia dengan panjang 100 km dan lebar 30 km yang secara administratif berada di Kabupaten Dairi, Humbang Hasudutan, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Samosir, Simalungun dan Tanah Karo. Pengembangan Danau Toba ke depannya sebagai Kawasan Strategis Nasional akan diarahkan untuk menjadi kawasan dunia yang kompetitif dan masyarakat yang sejahtera.
(dat15/wol/rilis)
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *