LANSIA TERLANTAR DAPAT BANTUAN PEMKO PEMATANGSIANTAR

TRIBUN-MEDAN.com, PEMATANGSIANTAR – Warga lanjut usia (lansia) Pematangsiantar yang terlantar akan mendapat bantuan ekonomi dari Pemko. Pencairan menunggu persetujuan dari Kementerian Sosial.

Rencana ini disampaikan Kepala Bidang Kesejahteraan dan Bantuan Sosial dan Rehabilitas Sosial Dinsosnaker Kota Pematangsiantar CH Pelawi, Senin (28/11) kemarin.

“Pemberian bantuan ini untuk meningkatkan kesejahteraan lansia, sehingga kehidupannya sehari-hari bisa terbantu,” ujarnya.

Menurut Pelawi, diperkirakan ada sekitar empat ribu orang lansia di Kota Pematangsiantar dan yang termasuk di dalam kategori lansia terlantar sebanyak 127 orang.

“Ini merupakan program bantuan untuk lansia terlantar non panti,” ujarnya.

Lansia terlantar, kata Pelawi, adalah lansia yang memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan mengharap bantuan orang lain. Kaum sepuh yang disokong anak-anaknya, namun tidak bisa makan dengan layak atau sebanyak tiga kali sehari juga termasuk dalam kategori penerima bantuan.

Data tentang lansia yang akan mendapatkan bantuan telah diserahkan kepada Kementerian Sosial. Data tersebut, ujar Pelawi, akan diseleksi dan disesuaikan dengan data yang ada di Kementerian. “Akan ada survei dari Kementrian yang turun langsung kelapangan,” katanya. Lansia yang tidak masuk dalam periode pertama bisa dimasukkan sebagai penerima bantuan pada tahap berikutnya.

Pelawi belum dapat memastikan jenis bantuan yang diberikan. ”Tapi, kemungkinan bantuan dalam bentuk uang tunai yang diberikan satu kali selama satu tahun,”tuturnya.

Di setiap kelurahan ada juga organisasi lansia. Selama ini untuk bisa memberikan bantuan kepada lansia, mereka mengajukan proposal kepada warga yang mampu akibat minimnya bantuan dari pemerintah. (ton/tribun-medan.com)
sumber: http://medan.tribunnews.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *