AP II BERI BANTUAN PUPUK KE PETANI TOBASA

MedanBisnis – Balige. Masih dalam konteks memberhasilkan program nasional ketahanan pangan untuk surplus beras tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) telah menempuh langkah-langkah konkrit, salah satunya dengan memasang target peningkatan produksi beras sebesar 5% setiap tahunnya.
Untuk mencapai peningkatan produksi tersebut, berbagai dukungan dan upaya telah dilakukan, diantaranya dengan menjalin kerja sama dengan para pemangku kepentingan ketahanan pangan termasuk dengan Angkasa Pura (AP) II. Dengan pemberian CSR, AP II  memberi bantuan pupuk bagi petani di Tobasa melalui PT Sang Hyang Seri (SHS).

Rencana pemberian bantuan diawali dengan sosialiasi yang diselenggarakan di Balai Data, Kantor Bupati, Jumat (18/11) di Balige turut di hadiri Bupati Tobasa, Pandapotan Kasmin Simanjuntak dan Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan.

Bupati mengatakan, faktor pendukung pemberhasilan program peningkatan produksi guna tercapainya ketahanan pangan ini, ditentukan adanya penyediaan sarana dan prasarana produksi pertanian. “Sarana dan prasarana tersebut berupa intensifikasi pertanian dengan bibit unggul, rehabilitasi jaringan irigasi desa dan jaringan irigasi usaha tani, penggunaan pupuk organik dan pupuk lainnya yang berimbang, pelaksanaan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) serta pengolahan lahan dengan alat mesin pertanian,” imbuh Kasmin.

Seputar rencana penyerahan CSR Angkasa Pura II berupa bantuan lunak pupuk melalui PT SHS, Bupati berharap para kelompok tani penerima bantuan dapat memanfaatkan peluang ini dengan baik karena dengan sendirinya dapat meningkatkan produksi dan produktivitas usaha pertanian petani. “Manfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya untuk memberhasilkan usaha pertanian saudara,” ujar Bupati Kasmin.

Ketua DPRD Sahat Panjaitan juga berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi peningkatan taraf hidup para petani Toba Samosir. “Kami juga berharap program ini akan berkelanjutan di masa mendatang,”kata Sahat.

Sementara Direktur Keuangan AP II, Laurensus Manurung berharap bantuan ini dapat mendorong petani di Tobasa untuk mengejar ketertinggalan pada sektor pertanian. Pada pelaksanaan kegiatan ini, sosialisasi tentang pedoman pelaksanaan program penyaluran CSR, disampaikan oleh Staf Ahli  PT Sang Hyang Seri Jakarta Mursid Suhadi dan General Manager PT Sang Hyang Seri Medan Yedi Firmanto. (tumpal sijabat)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *