TINGKATKAN KESUBURAN TANAH DENGAN PELATIHAN UPPO

MedanBisnis – Medan . Perbaikan kesuburan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas lahan pertanian dalam  rangka mendukung peningkatan  produktivitas baik pada subsektor perkebunan, tanaman pangan maupun  hortikultura.
Hal inilah yang mendorong Dinas Pertanian (Distan) Sumut untuk terus mengupayakan  pelatihan  pengolahan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) pada kabupaten/kota di Sumut.

“Dalam memperbaiki kesuburan lahan pertanian  dapat ditempuh  melalui perberian pupuk organik  yang berasal dari bahan organik berupa limbah pertanian seperti limbah panen (jerami dan lainnya) serta limbah peternakan untuk meningkatkan  kualitas  dan nilai  tambah  produk pertanian,” kata Kepala Seksi Sarana Pertanian, Dinas Pertanian Sumut, Nur Hijjah, kepada MedanBisnis, Kamis (17/11) di Medan.

Ditambahkannya, sejak tahun 2010 Distan Sumut sudah mengadakan program UPPO sesuai dengan tujuan Kementrian Pertanian terhadap peningkatan hasil produk pertanian di Indonesia. Distan Sumut juga telah melakukan beberapa pelatihan  pengolahan UPPO disetiap kabupaten/kota, di antaranya pegolahan pupuk organik dalam bentuk rumah kompos sederhana, bak fermentasi, peralatan dan  satu unit mesin, serta kandang sapi komunal.

Dikatakannya, proses pembuatan  pupuk organik dari bahan baku limbah panen dan limbah peternakan  apabila dilakukan secara alami memerlukan waktu cukup lama sekitar 1-2 bulan, bahkan lebih. Namun, bila proses tersebut menggunakan alat  bantu berupa Alat Pengolah Pupuk Organik (APPO) yang berfungsi sebagai pemecah  dan penghancur  bahan organik, waktu pengomposan menjadi lebih pendek  yaitu sekitar 2-3 minggu.

Karena itu dalam skala kelompok tani atau gapoktan, diperlukan  UPPO yang berupa, bangunan rumah kompos untuk penempatan mesin  APPO, bak fermentasi, dilengkapi dengan alat  pengangkut  kendaraan bermotor roda tiga agar lebih efisien, serta hewan ternak untuk memenuhi bahan baku pupuk organik dari ternak. (cw 03)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *