SOSIALISASI KURANG, PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK MINIM

MedanBisnis – Medan. Pemakaian pupuk organik  di tingkat petani di Kabupaten/Kota di Sumatera Utara (Sumut) hingga kini masih sangat kecil dibanding jumlah pemakai pupuk anorganik.
“Penggunaan pupuk organik khususnya bagi petani di Sumut baru mencapai  23 persen atau 56.140 ton pertahunnya. Jumlah tersebut masih sangat kecil dibanding pengguna pupuk jenis an organik seperti urea, ZA dan SP-36,” kata Kepala Seksi Sarana Pertanian, Dinas Pertanian Sumut, Nur Hijjah kepada MedanBisnis, Rabu (16/11).

Menurutnya, minimnya petani menggunakan pupuk organik, akibat Pemkab/Pemko kurang bisa melakukan sosialisasi langsung pada petani tentang manfaat pupuk organik. Selain itu, para petani juga susah berpindah ke pupuk lain karena selama ini sudah terbiasa memakai pupuk anorganik.

Ditegaskan dia, sosialisasi yang kurang terkait keunggulan pupuk organik, membuat petani lebih memilih pupuk kimia. Namun begitu, ada pula petani yang masih memakai pupuk organik meski jumlahnya sangat kecil. “Jika petani  ingin menekan biaya produksi salah satunya dengan beralih menggunakan pupuk organik. Karena  pupuk organik bebas polusi  di samping itu produksi pertanian dapat meningkat,” jelasnya.

Dikatakannya, beberapa keunggulan dari pupuk organik yaitu pupuk organik mengandung unsur hara yang lengkap, baik hara makro maupun hara mikro. Kondisi ini tidak dimiliki oleh pupuk buatan (anorganik). Selain itu, pupuk organik dapat memperbaiki dan menjaga struktur tanah, menjadi penyangga pH tanah, membantu menjaga kelembaban tanah, aman dipakai dalam jumlah besar dan berlebih sekalipun serta tidak merusak lingkungan.

“Dengan pemakaian pupuk organik secara intensif kesuburan tanah dapat dikembalikan, produksi pertanian dapat ditingkatkan, serta kesejahteraan petani juga semakin baik,” katanya. Lebih jauh dijelaskan, penggunaan pupuk organik tidak hanya menguntungkan petani, tetapi juga menguntungkan negara karena penyediaan anggaran untuk subsidi pupuk an organik berkurang. (n cw 03)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *