HUMBAHAS JEJAKI PENGIRIMAN PRODUK PERTANIAN KE BATAM

MedanBisnis – Doloksanggul. Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop), melakukan terobosan baru dengan menjalin kerja sama dengan pengusaha (koperasi) di Batam untuk pengiriman tiga jenis produk pertanian pada 2012 mendatang. Ketiga produk itu yakni cabai, kopi dan kentang.
Demikian dikatakan Kadis Perindagkop Humbahas JW Purba kepada MedanBisnis, Kamis (17/11), di ruang kerjanya.

Menurut JW Purba, melalui kerja sama ini, Dinas Perindagkop Humbahas nantinya akan mengirimkan kopi, cabai dan kentang ke Batam dengan harga yang sudah tetap, sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pasar di sana.

“Untuk lebih menghidupkan perkoperasian di Humbahas, beberapa koperasi yang telah kita tunjuk akan dibina, dengan harapan agar koperasi itu mampu menyediakan komoditas kopi, cabai dan kentang sesuai kebutuhan untuk dikirim ke Batam. Dan secara teknis, sebagai langkah awal kita akan mempasilitasi koperasi untuk memenuhi standard kebutuhan barang yang akan dikirim,” ujar Mantan Kepala Badan Perencanaan Humbahas ini.

Output dari kegiatan ini, jelasnya, akan semakin membuka peluang bagi petani melalui koperasi, lebih membangkitkan etos kerja dalam bercocok tanam, sehingga para petani tidak perlu lagi khawatir dengan harga pasar yang sering kali tidak menentu.

Karena harga jual nantinya akan tetap stabil sesuai dengan kesepakatan harga sejak ditandatanginya perjanjian kontrak kerja sama.

“Upaya mencari pasar hasil produksi pertanian Humbahas ini kita lakukan agar produk hasil pertanian Humbahas bisa dipasarkan dengan baik dan dengan harga yang stabil dan menguntungkan petani. Ini sebagai solusi untuk menjawab kekhawatiran petani dengan harga komoditas di pasar yang selalu berubah-ubah. Dan kita juga akan terus melakukan penjajakan kerja sama perdagangan dengan daerah-daerah lain untuk memasarkan hasil pertanian dari Humbahas agar petani di daerah ini bisa semakin sejahtera,” katanya. ( ck 10)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *