KOTA SERIBU KELENTENG JADI DAYA TARIK WISATA

SINGKAWANG[JAKARTA] Singkawang yang terletak di Kalimantan Barat ternyata menyimpan banyak potensi wisata yang tidak kalah menarik dari tempat wisata terkenal lainnya di Indonesia. Bahkan disebut-sebut sebagai basis budaya dan religi.

Hal itu terlihat dari banyak kelenteng di wilayah Kalimantan Barat yang berpusat di Singkawang. Hal ini menjadi sejarah tersendiri bagi kota yang biasa disebut Kota Amoy, karena mayoritas warga keturunan Tionghoa yang tinggal di darah tersebut.

Wali Kota Singkawang Hasan Karman menuturkan hal ini menjadi daya tarik sendiri bagi semua penikmat wisata dan warga Tionghoa baik di dalam negeri maupun luar negeri. Singkawang adalah kota yang memiliki potensi wisata yang lengkap, tidak hanya pemandangan alam, tapi juga etnis, budaya dan kulinernya yang menarik

”Singkawang setiap tahunnya mengadakan banyak festival-festival yang menarik. Ada festival cross border yang sifatnya temporary, festival Cap Go Meh yang rutin diadakan setiap tahun dan juga lomba sumpit Borneo yang akan diadakan sebentar lagi,” ujarnya saat jumpa pers Lomba Sumpit Internasional Borneo di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (14/11).

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar sendiri kagum dengan kota Singkawang yang memiliki seribu kelenteng  atau kuil Vihara lebih. Hal itu menjadi potensi pariwisata yang besar yang dikembangkan. Maka dari itu, kedepan akan diadakan festival kelenteng dengan bekerjasama pihak travel nasional dan internasional untuk memperkenalkan Singkawang sebagai Kota Seribu Kelenteng.

”Kalimantan Barat mempunyai lokasi strategis. Dengan adanya Bandara Supadio di Kota Pontianak dan pintu masuk jalur darat Entikong sebagai gerbang Internasional dengan status VoA, sudah didukung dengan jaringan penerbangan domestik yang sudah semakin banyak. Bangunan-bangunan kelenteng ini memiliki arsitektur yang khas, didominasi warna merah dan hiasan naga. Mudah-mudahan seribu kelenteng ini dapat dijadikan ikon Singkawang sehingga dapat menarik banyak wisatawan datang,” ungkap Sapta.

Kota Singkawang merupakan kota terbesar kedua di Kalimantan Barat setelah Kota Pontianak. Kota ini berjarak 150 kilometer dari Kota Pontianak atau sekitar dua setengah jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Selain itu, terdapat juga pantai yang indah di Pantai Pasir Panjang, taman-taman yang sejuk serta Pasar kuliner yang disebut Pasar Hongkong.

Dikatakan, kunjungan wisata mancanegara ke Indonesia melalui pintu masuk Entikong selama periode Januari-September 2011 sebanyak 18.099 orang atau naik 5,84 persen dibanding 2010 dalam periode yang sama. Namun memang, jumlah kunjungan wisman setiap tahunnya melalui pintu masuk Entikong masih kurang 25 ribu orang atau sahamnya kurang 0,4 persen dari jumlah wisman ke Indonesia. [H-15]
sumber: http://www.suarapembaruan.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *