DINAS KEHUTANAN DAIRI SERAHKAN 235.200 BATANG BIBIT GRATIS

MedanBisnis – Sidikalang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan menyerahkankan bibit gratis kepada perorangan maupun kelompok masyarakat di 5 kecamatan, yang dipusatkan di lokasi Sentrum, SPG Sidikalang, Selasa (15/11). Dan, untuk semua kecamatan hingga beberapa hari ke depan, dinas ini akan membagikan sebanyak 235.200 batang bibit tanaman.
Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Agus Bukka didampingi Kabid Kehutanan A Angkat melaporkan, pemberian bibit tersebut  sesuai dengan permintaan secara kelompok dan pribadi pada saat kunjungan kerja pemerintah ke desa-desa.

Disebutkan, bibit yang tersedia sesuai dengan keadaan dana Tahun Anggaran 2011 dalam berbagai jenis tanaman, yakni Uru 13.200 batang, Ingul 24.000 batang, Sengon 14.500 batang, Kopi Arabika 50.500 batang, Kakao 84.000 batang, karet 34.000 batang dan Kelapa 15.000 batang.

“Sementara berdasarkan permohonan yang masuk sebanyak  1.669.200 batang dikurangi yang dapat terealisasi saat ini maka pemerintah masih harus menyiapkan bibit sebanyak 1.434.000 batang lagi,” ujar Agus Bukka.

Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro secara simbolik menyerahkan bibit kepada perwakilan kelompok tani dan kelompok masyarakat lainnya. Sekedar informasi, atensi ini merupakan program pemerintah Dairi kepada masyarakat dengan memberikan bibit unggul secara gratis yang sudah dijanjikan pada awal tahun kepemimpinan bupati saat ini.

Pemberian bibit gratis diproyeksikan berlangsung hingga akhir tahun ini melibatkan dua SKPD Dinas Kehutanan dan Perkebunan serta Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Dairi.

Bupati menekankan, kepada penerima bibit agar benar-benar menanam dan melestarikannya sehingga kelak bisa dinikmati oleh anak cucu atau generasi mendatang. “Jangan lagi pernah terdengar bibit yang diberikan pemerintah dibuang begitu saja atau justru dijual kepada pihak lain. Sehari mungkin hasil dari bibit yang dijual bisa kita nikmati tapi tidak lagi dinikmati pada hari depan,” kata Bupati.

Menurut Bupati, saat ini pemerintah Dairi berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani. Program pengentasan kemiskinan dan peningkatan pendapatan petani terus dilakukan dengan berbagai terobosan. “Pemberian bibit unggul, ketersediaan pinjaman lunak tanpa agunan, stabilitas atau jaminan harga hasil pertanian sebagai langkah meningkatkan kesejahteraan petani,” kata Bupati. ( lasria pandiangan)
sumber: http://www.medanbisnisdaily.com

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *