BANTUAN BUKU PACU PRESTASI SISWA SMA TERPENCIL

Tobasa, 16/11 (ANTARA) – Sejumlah buku pelajaran diserahkan kepada perpustakaan SMA Negeri Uluan yang letaknya cukup terpencil di Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, guna memacu prestasi para siswa sekolah tersebut melalui peningkatan minat baca.

“Bantuan itu diprakarsai sekelompok mahasiswa Universitas Gajah Mada Yogyakarta yang peduli kemajuan dunia pendidikan di ‘bona pasogit’ (kampung halaman),” kata anggota DPRD Toba Samosir Monang Naipospos di Uluan, Rabu.

Ia mengatakan, dirinya dipercayakan menyerahkan sejumlah buku pelajaran yang tidak lagi dipakai para mahasiswa dimaksud sebagai gerakan menumbuhkan minat baca pada generasi penerus dalam konteks mencerdaskan anak bangsa.

Menurutnya, SMA terpencil berjarak sekitar 50 kilometer dari ibu kota kabupaten Balige yang baru berdiri sejak 2009, tiga tahun lalu, sangat perlu mendapat perhatian sebab fasilitas yang dimiliki sekolah itu masih tergolong sangat minim untuk digunakan murid sejumlah 174 orang.

Monang menuturkan, berawal dari pertemanan di dunia maya lewat jejaring sosial “facebook”, dia berkenalan dengan sekelompok mahasiswa UGM Yogyakarta, dan saat kunjungan kerjanya ke Kota Gudeg itu, para mahasiswa yang berasal dari daerah Tapanuli dimaksud mengamanahkan penyerahan buku kepada perpustakaan sekolah di Toba Samosir.

“Nilai nominalnya boleh dibilang kecil, tapi dampak dan gaungnya akan bermanfaat besar, sebab penanaman pendidikan karakter telah mereka tunjukkan melalui kepedulian bagi kemajuan dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan di daerah,” ujar Monang.

Selain menyumbangkan buku, kata dia, anak-anak muda tersebut juga menyumbangkan sejumlah bibit pohon untuk ditanam di SMP Negeri Uluan, guna memotivasi siswa agar lebih mencintai lingkungan.

Ia mengaku salut dengan gerakan yang diprakarsai para mahasiswa tersebut, sebab agak jarang anak muda yang sedang kuliah menyumbangkan sejumlah materi, karena kebanyakan di antara mereka masih merupakan tanggungan orangtuanya.

Kepala SMA Negeri Uluan Robinson Sinaga dan Kepala SMP Uluan Jonson Sinaga senada menyampaikan terima kasih atas perhatian para mahasiswa UGM Yogyakarta, yang diserahkan melalui anggota DPRD Tobasa Monang Naipospos dan mengimbau para pelajar menjaga dan memanfaatkan bantuan tersebut.

“Kami juga berharap pihak pemerintah dapat menambah koleksi buku dan fasilitas teknologi informasi, sebab jumlah buku pelajaran dan bahan bacaan umum di perpustakaan sekolah masih sangat minum,” kata Robinson. ***4***(ant)

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *