7.000 ORANG MISKIN PIDIE PEROLEH BANTUAN

SIGLI – Tahun ini sebanyak 7.000 masyarakat miskin yang tergolong dalam Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) memperoleh dana total Rp 10 miliar. Dana tersebut langsung dikirim ke rekening masing-masing penerima dalam empat tahap dan kini telah terealisasi 75 persen.

Dana yang bersumber dari pusat Program Keluarga Harapan (PKH) itu, tahun ini dana tersebut meningkat dari tahun lalu. “Tahun lalu dana PKH itu hanya Rp 2,4 miliar, tapi tahun ini meningkat jadi Rp 10 miliar,”kata Awaluddin, Koordinator Wilayah dana PKH se-Provinsi Aceh.

Menurutnya peningkatan jumlah dana itu terjadi berdasarkan usulan dari masing-masing kecamatan terjadi peningkatan jumlah RTSM. Menurut dia, dana ini dicairkan empat kali dalam setahun, yakni dikirim melalui kantor pos yang dibuktikan dengan kartu atau surat tanda terima yang sudah dibagika ke masing-masing penerima dana PKH. “Kita juga dibantu sejumlah petugas di beberapa kecamatan untuk mendampingi penerima dana ini,”sebutnya.

Sedangkan kriteria penerima dana PKH di Pidie maupun di daerah lain tetap sama mengacu beberapa syarat. Sedangkan masing-masing penerima mendapat dana tetap Rp 200.000/RTSM, kemudian ditambah lagi dana berdasarkan kategori memiliki balita dan ibu nifas (melahirkan lagi) sebesar Rp 800.000.

Selanjutnya memiliki anak usia SD jatah PKH sebesar Rp 400.000, anak usia SMP Rp 800.000. Sehingga tiap RTSM mendapat dana tetap Rp 200.000 ditambah dana PKH sesuai kriteria. Namun dari 7.000 RTSM di Pidie per kecamatan belum dapat dirincikan karena data tidak bersamanya.
sumber: http://waspada.co.id

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *